PlayStation 4. (Digital Trends)
PlayStation 4. (Digital Trends)

Penjualan PS4 Tembus 110 Juta Unit, Masih Kalah dari Game Boy

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Mei 2020 07:04
Jakarta: Meksipun konsol PlayStation 5 akan dirilis akhir tahun ini, tapi penjualan PlayStation 4 ternyata masih sangat bagus. Konsol generasi keempat Sony tersebut diklaim sudah terjual sebanyaka 110 juta unit.
 
PlayStation 4 sendiri sudah memasuki akhir usia dari perangkat ini untuk tetap berfungsi optimal dan bakal mulai berhenti diproduksi saat PlayStation 5 hadir, Konsol tersebut dirilis di tahun 2013 dan kini sudah berusia lebih dari lima tahun.
 
Angka penjualan PlayStation 4 tadi terungkap dalam laporan finansial terbaru dari Sony. Hal tersebut menakjubkan karena selama tiga bulan dan berakhir di 31 Maret 2020 ternyata konsol ini masih terus terjual sebanyak 1,5 juta unit, termasuk varian PlayStation 4 Pro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penjualan Nintendo Switch di Asia Naik, Mulai Susul PS4
 
Dikutip dari Engadget, penjualan terbaru tersebut berkontribusi menjadi totoal sekitar 110,4 juta uni PlayStation 4 telah terjual. Meskipun begitu, penjualan ini masih kalah dari perangkat lawas Gameboy dan Gameboy Color Nintendo yang terjual sebanyak 118,69 juta unit.
 
Berdasarkan informasi beragam sumber, konsol Nintendo DS masih menjadi perangkat gaming yang paling banyak terjual di dunia yaitu sebanyak 154,02 juta unit. Menariknya, PlayStation generasi pertama atau dikenal sebagai PSX termasuk terlaris setelah PlayStation 4 yaitu terjual 102,49 juta unit.
 
PlayStation 5 dijadwalkan rilis pada akhir tahun ini, meskipun sempat ada rumor bahwa konsol tersebut akan dirilis pada Oktober. Saat ini bentuk dari konsol generasi terbaru Sony masih menjadi misteri. Mereka baru mengumumkan desain dari stik controller terbarunya saja.
 
Baca: Covid-19 dan Lockdwon, Penjualan Konsol Makin Laris
 
Menyoal efek dari pandemi Covid-19 atau virus Korona, pihak Sony mengaku bahwa bisnis penjualan konsol gaming mereka tidak terlalu terkendala bahkan menunjukan peningkatan termasuk layanan online game berlangganan dari PlayStation Plus.
 
Hal ini didorong oleh kebijakan lockdown dan physical distancing yang membuat banyak masyarakat mendadak beralih menjadi gamer. Mereka bermain game untuk mengisi waktunya dan terhindar dari rasa bosan dan stres.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif