Ilustrasi.
Ilustrasi.

Covid-19 dan Lockdown, Penjualan Konsol Makin Laris

Teknologi Virus Korona games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 03 April 2020 15:58
Jakarta: Tidak cuma bahan pangan, pandemi COVID-19 atau virus Korona ternyata juga membuat konsol gaming laris sebagai modal melakukan isolasi atau physical distancing. Laporan menyebutkan bahwa penjualan konsol justru makin meningkat.
 
Laporan menyebutkan penjualan konsol gaming di tiga negara yang memberlakukan lockdown yaitu Italia, Prancis, dan Spanyol menunjukan penjualannya masih sangat kuat.
 
Dikutip dari GameIndustry, riset dari data yang dikumpulkan firma GSD meningkat pesat per minggu. Data dari periode 16-22 Maret 2020 memperlhatkan bahwa penjualan konsol gaming naik hingga 115 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka tersebut mewakili sebanyak 259.169 unit konsol gaming berhasil dijual. Nintendo Seitch, PlayStation 4, dan Xbox One menjadi jajaran konsol yang paling laris.
 
Baca: Pandemi COVID-19 Bikin Penjualan Game Digital Meroket
 
Kini masuk ke data di beberapa negara yang mengalami lockdown yaitu tiga negara yang disebutkan sebelumnya. Di Italia pada minggu pertama lockdown penjualan konsol meningkat hingga 84 persen dan di minggu kedua hanya turun sekitar 1,8 persen.
 
Di Spanyol pada periode 9-15 Maret 2020 penjualan konsol meningkat 27,7 persen dan meningkat lagi di minggu selanjutnya hingga 66,1 persen. Di Prancis pada minggu pertama lockdown penjualan konsol meningkat hingga 140,6 persen.
 
Di negara yang belum menerapkan lockdown dan hanya sebatas physical distancing justrun penjualan konsol gaming bisa lebih tinggi lagi. Di Inggris penjualannya mencapai 126,6 persen dan di minggu depan yaitu 16-22 Maret 2020 naik lagi hingga 250 persen.
 
Baca: Imbas Virus Korona, Nintendo Tutup Layanan Perbaikan Nintendo Switch
 
Di Australia kondisi yang sama juga terjadi. Penjualan konsol meningkat hingga 19,6 persen dan di tanggal 16-22 Maret 2020 atau minggu selanjutnya langsung meroket hingga 285,6 persen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif