Gameplay Lokapala.
Gameplay Lokapala.

Lokapala Dirilis, Game MOBA Rasa Nusantara

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 21 Mei 2020 16:26
Jakarta: Game yang dinantikan dari developer lokal Anantarupa Studios akhirnya dirilis. Lokalapa, sebuah game buatan lokal mengusung genre populer MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang menyajikan elemen lokal alias Nusantara.
 
Di sesi peluncuran secara online secara live streaming, CEO Anantarupa Studio Ivan Chen menyatakan bahwa game ini memakan waktu pembuatan selama dua tahun. Namun dirinya mengaku menyiapkan game ini tidak hanya sebagai sebuah video game mobile.
 
Dia sejak awal menyiapkan game ini juga sebagai media promosi kebudayaan lokal alias Tanah Air yang menargetkan dunia internasional saat game ini dikenal luas. Tidak dilupakan harapan Ivan game ini juga jadi media memperkenalkan salah satu kebudayaan Indonesia kepada generasi muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita ingin memperkenalkan kembali media kita ke dalam konteks yang sesuai dengan generasi muda kita dan kita mau memperkenalkan toko sejarah dan mitologi sendiri. Kita mau mempromosikan positif gaming culture selama ini gaming diasosiasikan dengan budaya yang tidak baik," tutur Ivan.
 
Meskipun itu mengadopsi genre MOBA, Lokapala juga memiliki elemen pembeda di dalamnya termasuk menyesuaikan konsep mitologi lokal Indonesia. Saat ini memang kontennya memang masih didominasi mitologi Hindu-Buddha atau Jawa Kuno di Indonesia.
 
"Ada enam Loka atau alam dan delapan unsur dari setiap Ksatriya atau hero. Lokapala berasal dari Bahasa Sansekerta artinya pelindung jagat. Tidak hanya nama dan karakter mitologi Jawa Kuno yang digunakan sebagai elemen game tapi juga karakter historis dari kerajaan-kerajaan Jawa Kuno."
 
Saat ini game tersebut baru dirilis di Google Play Store dan dalam tahap Open Beta sehingga kemungkinan gamer masih akan menemukan banyak bagian di dalam game yang harus diperbaiki. Anantarupa Studio telah berjanji untuk segera merilis banyak update.
 
Lokapa dirilis Oolean sebagai publisher hasil kerja sama Agate dan Melon Telkom Indonesia. Game ini akan langsung diajak untuk melakoni turnamen esports pada Piala Menpora 2020 yang akan berlangsung di kuartal ketiga atau kuartal keempat tahun ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif