Perhelatan kompetisi esport GESC di ICE BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu. (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)
Perhelatan kompetisi esport GESC di ICE BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu. (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)

2019, Pasar Esports Global Diprediksi Tembus Rp15,4 Triliun

Teknologi games esports
Cahyandaru Kuncorojati • 14 Februari 2019 09:19
Jakarta: Prediksi Medcom.id di akhir tahun bahwa tren esports akan semakin matang di tahun berikutnya tampaknya masih revelan. Dari laporan terbaru firma riset Newzoo, tahun ini pasar esportsglobal untuk pertama kalinya mencapai angka USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun.
 
Dikutip situs resmi Newzoo, angka tersebut berasal dari pendapatan yang diperoleh di 2019 yakni diprediksi sekitar USD1,1 miliar atau Rp15,4 triliun. Pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 26,7 persen, dengan kontribusi terbesar dari sponsorship, bukan publisher game.
 
"Semakin banyak liga dan turnamen membuat esportsmemiliki audiens yang besar sekali. Beberapa perusahaan mulai mengambil posisi untuk memonetisasi penggemar esports. Ini akan menarik minat merek dari beragam industri hadir di industri esports," tutur CEO Newzoo Peter Warman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah penggemar atau penonton konten epsort juga turut bertambah. Audiens esportsskala global disebut Newzoo akan meningkat menjadi 453,8 juta di 2019, dengan pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 19 persen.
 
2019, Pasar Esports Global Diprediksi Tembus Rp15,4 Triliun
 
Jumlah ini akan dibagi menjadi dua kategori Esports Enthusiasts dan penonton (occasional viewer) yang hanya sesekali menyaksikan. Jumlah penonton dari Esports Enthusiasts angkanya 201 juta, sementara dari penonton biasa atau sesekali masih lebih banyak, 253 juta.
 
Kalangan Epsort Enthusiasts akan didominasi oleh penggemar asal kawasan Aisa Pasifik, porsinya sebesar 57 persen, kemudian di belakangnya ada dari Eropa sebesar 16 persen.
 
2019, Pasar Esports Global Diprediksi Tembus Rp15,4 Triliun
 
Pertumbuhan esportstahun ini masih sangat bagus dan sesuai prediksi. Investasi ke industri esportsakan semakin besar. Semakin banyak merek yang hadir sebagai sponsor dan media penyiaran digital dan perusahaan televisi juga mulai berlomba menyediakan konten terkait.
 
Disebut Newzoo, akan semakin banyak model bisnis yang muncul untuk memonetisasi industri esports. Newzoo memprediksi pasar industri esportsdi 2020 bakal menyentuh USD1,8 miliar atau senilai Rp23,5 triliun. Apabila semua faktor pendukung juga bertumbuh pesat, bisa menyentuh angka USD3,2 miliar atau sekitar Rp45,1 triliun.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif