NEWSTICKER
Champion’s hub 2019 yaitu edukasi barista untuk mengasah kemampuan teknis dan non teknis di Indonesia. (Foto: Dok. Medcom.id/Kumara Anggita)
Champion’s hub 2019 yaitu edukasi barista untuk mengasah kemampuan teknis dan non teknis di Indonesia. (Foto: Dok. Medcom.id/Kumara Anggita)

Indonesia Jadi Tuan Rumah Pelatihan Barista Dunia

Rona Champion’s hub 2019 barista
Kumara Anggita • 04 Maret 2019 20:06
Champion’s hub 2019 yaitu edukasi barista untuk mengasah kemampuan teknis dan non teknis di Indonesia. Ajang ini merupakan sesi edukasi dan sharing ilmu sebelum bertanding ke panggung dunia dalam World Barista Championship, yang nantinya akan diadakan di Boston, Amerika Serikat pada bulan April mendatang.
 

Jakarta:
Beriringan dengan perkembangan kopi dunia, minat orang untuk menjadi barista pun semakin meningkat. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah pelatihan barista dunia dalam program yang dinamakan Champion’s hub 2019.
 
Dalam Champion’s hub 2019, para barista dunia mengasah kemampuan mereka baik teknis dan non teknis sebelum bertanding ke panggung dunia dalam World Barista Championship yang akan diselenggarakan di Boston, Amerika Serikat pada bulan April mendatang. Hal ini merupakan bentuk dukungan dalam memajukan industri kopi Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Rangkaiannya berupa seminar-seminar sehingga barista memilik bayangan untuk bertanding nanti. Mereka jadi tahu apa yang harus diperhatikan, bagaimana mereka menyajikan kopi dan minuman spesial mereka. Belajar melihat barista lain bagaimana perform,” tutur Stephanie Wibisono, Brand Manager Simonelli & Victoria Arduino Indonesia di Jakarta, Rabu, 4 Februari 2019.
 
Sebanyak 38 barista dan pakar kopi dunia mengikuti kegiatan ini. Jumlah Barista asal Indonesia yang paling banyak.
 
(Baca juga: Barista Asal Korsel Tiru Lukisan Van Gogh di Permukaan Kopi)
 
Indonesia Jadi Tuan Rumah Pelatihan Barista Dunia
(Beriringan dengan perkembangan kopi dunia, minat orang untuk menjadi barista pun semakin meningkat. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah pelatihan barista dunia dalam program yang dinamakan Champion’s hub 2019. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
“Total peserta berjumlah 15 dari Indonesia dan sisanya dari luar negri seperti dari Singapura, Prancis, Turki dan lain-lain. Market ini bukan hanya Asia saja,” tutur Stephanie.
 
Dukungan lain diberikan dengan menyediakan berbagai alat jenis pembut kopi yang harganya tidak murah. Dengan fasilitas ini, para barista mana saja dapat berlatih membuat kopi yang berkualitas.
 
“Ide dari acara ini adalah untuk mendukung komunitas. Mengingat barista membutuhkan anggaran yang lebih dan tidak semua orang mampu. Dengan seperti itu konsep ini dibuat untuk mendukung orang-orang tersebut untuk berkesempatan menang,” tutur kepala grup Marcomm Simonelli, Maurizio Gioli.
 
Barista top Indonesia, Mikael Jasin juga turut mendukung kegiatan ini. Baginya, pelatihan semacam ini sangat membantu dalam memenangkan kompetisi.
 
“Persiapannya seperti latihan setiap hari di depan mesin, kita juga jadi punya kesempatan untuk tukar ilmu dengan barista lain, barista dari luar,” tuturnya.
 
Champions’ Hub 2019 akan digelar dari tanggal lima hingga enam Maret di Jakarta. Indonesia menjadi tuan rumah kedua setelah sebelumnya diselenggarakan di Eropa.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif