Tips agar Makanan Aman dari Serangga Saat Piknik
Melakukan piknik di luar rumah tentu akan sangat menyenangkan, terutama sambil membawa makanan. (Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)
Jakarta: Musim panas biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah, salah satunya adalah berpiknik. 

Melakukan piknik di luar rumah tentu akan sangat menyenangkan, terutama sambil membawa makanan. Namun ada satu masalah yang sering dialami oleh mereka yang sedang berpiknik sambil membawa makanan, yaitu bagaimana caranya untuk menghindari makanan dari serangga yang ada. 

Untuk itu, dikutip dari TODAY berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar makanan terhindar dari serangga ketika sedang berpiknik.


1. Jaga agar tetap dingin
Jagalah agar makanan Anda tetap dingin dengan membawanya dalam tas pendingin. Jika Anda membawa makanan beku seperti es loli atau es krim, mereka dapat membantu menjaga makanan lain pada suhu yang tepat. Makanan lain yang harus tetap dingin termasuk makanan laut dan unggas, sosis, buah dan sayuran, dan produk susu.

(Baca juga: Tips agar Roti yang Mengeras Kembali Empuk)


(Musim panas biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah, salah satunya adalah berpiknik. Foto: /Unsplash.com)

2. Simpan di tempat yang teduh
Jika Anda piknik di bawah pohon, Anda bisa memanfaatkannya. Lebih baik untuk makanan dari sinar matahari langsung sehingga tas pendingin tidak mencair dengan cepat. Jika Anda berada di pantai atau di tempat yang tidak tertutup, bawalah tenda atau payung untuk membantu makanan tetap dingin.

3. Penyajian bagian yang terpenting
Sajikan makanan dingin dalam porsi kecil dan simpan hidangan utama dalam pendingin. Jika Anda memasak makanan di atas pemanggang atau api unggun, simpan makanan panas pada suhu yang tepat sebelum disajikan (140 derajat atau lebih hangat).

Anda dapat melakukan ini dengan mengatur makanan yang sudah dimasak ke sisi rak pemanggang, tidak langsung di atas bara karena bisa membuat makanan terbakar. 

4. Menghalangi serangga
Ketika Anda makan di luar, mungkin akan ada beberapa serangga yang mengganggu. Untuk itu, gunakan wadah kedap udara jika mungkin dan gunakan plastik untuk menutup wadah dengan ketat. Lilin  dan lentera juga dapat membantu menjaga serangga hinggap di makanan meskipun tidak semua serangga akan kebal terhadap keduanya. 

5. Jangan dibiarkan terlalu lama
Saat makan di luar, jangan membiarkan makanan Anda lebih dari dua jam. Jika benar-benar hari yang panas (di atas 32 derajat Celsius), United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan agar tidak pernah menyimpannya lebih dari satu jam. 






(TIN)