Dalam memeringati HUT ke-74 RI, 100 ribu toko kelontong yang tergabung dalam program SRC mengadakan lomba makan kerupuk terbesar se-Indonesia untuk memecahkan rekor MURI (Foto:Dok.SRC)
Dalam memeringati HUT ke-74 RI, 100 ribu toko kelontong yang tergabung dalam program SRC mengadakan lomba makan kerupuk terbesar se-Indonesia untuk memecahkan rekor MURI (Foto:Dok.SRC)

Ini Alasan Kenapa Makan Kerupuk Bikin Ketagihan

Rona sampoerna
Rosa Anggreati • 12 Agustus 2019 11:12
Jakarta: Sebagian besar orang Indonesia selalu menyantap kerupuk sebagai pendamping makan. Rasanya tak lengkap jika makan tanpa kerupuk. 
 
Kebiasaan makan kerupuk ini telah membudaya sejak lama. Diketahui, kerupuk telah ada di Indonesia sejak abad 9 M. Bukti keberadaan kerupuk tertuang di prasasti Batu Pura. Pada prasasti tersebut tertulis bahwa kerupuk rambak terbuat dari kulit kerbau atau sapi.
 
Persebaran kerupuk merata ke seluruh nusantara. Hampir setiap daerah punya kerupuk khas. Misalnya, jangek dari Sumatera Barat, kerupuk melarat dari Cirebon, rengginang Lorjuk dari Madura, kerupuk gonggong dari Riau, dan gendar dari Solo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masing-masing kerupuk punya ciri khas rasa yang membuat orang selalu ingin menyantapnya lagi dan lagi. Lantas apa sebenarnya yang membuat makan kerupuk bikin ketagihan?
 

1. Rasanya Gurih


Bunyi "kriuk" saat digigit dan rasanya yang gurih, membuat orang senang menyantapnya. Pada umumnya, kerupuk dibuat dari tepung tapioka atau tepung kanji dengan bumbu bawang, gula, garam, dan penyedap rasa. Itulah yang membuat kerupuk menjadi gurih. Setiap kali makan nasi, harus ada kerupuk. 
 

2. Cocok Dimakan dengan Banyak Menu


Mau dimakan bersama nasi, mi goreng, mi rebus, mi instan, atau cuma dicocol saus, kerupuk juara enaknya. Bahkan saat tanggal tua, ada orang yang hanya makan nasi dengan kerupuk. Meski kurang bergizi, yang penting tak kelaparan.


3. Murah dan Mudah Ditemui


Coba perhatikan, mulai dari warung makan pinggir jalan hingga restoran, selalu tersedia kerupuk. Keberadaannya yang mudah ditemui membuat orang sulit menahan godaan tak menyantap kerupuk. Belum lagi harganya yang murah, bikin orang tak pernah melewatkan makan besar tanpa kerupuk.
 
Kerupuk juga mudah didapatkan dalam bentuk mentah maupun siap santap di toko kelontong sekitar lingkungan Anda. Beragam kerupuk dijual di toko kelontong. Kerupuk memang terkait erat dengan toko kelontong. Nah, dalam memeringati HUT ke-74 RI, 100 ribu toko kelontong di sekitarmu yang tergabung ke dalam program SRC akan berusaha untuk mengadakan lomba makan kerupuk terbesar se-Indonesia agar kita semua bisa berpartisipasi dalam pemecahan rekor MURI. 
 
Anda bisa turut meramaikan aktivitas tersebut dengan mengikuti lomba makan kerupuk yang mereka adakan atau mengikuti photo challenge dengan total hadiah sebesar 170 juta untuk menunjukkan kemeriahan perayaan tersebut di sekitar tempat tinggal Anda. 
 
Cek di sini untuk mengetahui toko kelontong mana saja yang mengadakan aktivitas ini. Siapa tahu ada di sekitar tempat tinggal Anda. Ayo ikutan!
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif