Banyak pelancong yang datang jauh-jauh ke India, untuk melihat Harimau secara langsung di habitat aslinya. Berikut rekomendasi kami. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)
Banyak pelancong yang datang jauh-jauh ke India, untuk melihat Harimau secara langsung di habitat aslinya. Berikut rekomendasi kami. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Berlibur ke India, Jangan Lupa Menyaksikan Harimau Benggala di Habitat Aslinya

Rona india wisata
Dhaifurrakhman Abas • 21 Desember 2018 15:33
Jakarta: Harimau Benggala terkenal karena kharismatik dan keganasannya. Banyak pelancong yang datang jauh-jauh ke India, untuk melihat Harimau secara langsung di habitat aslinya.

Namun, seiring dengan bertambahnya populasi manusia, menyebabkan luas lahan berkurang secara signifikan. Habitat alami hewan ini menjadi berkurang akibat ulah manusia yang jauh lebih buas dari si Harimau Benggala.

Saat ini, satu-satunya tempat untuk melihat hewan dengan nama latin Panthera tigris tigris ini adalah di daerah terisolir ataupun kebun binatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Namun, agar Anda memiliki kesempatan untuk melihat harimau dengan segala kemegahannya, berikut rekomendasi yang disarankan Times of India. 1. Ranthambore National Park, Rajasthan
Tempat yang bagus buat dikunjungi untuk melihat Harimau adalah Taman Nasional Ranthambore. Lokasi ini terletak di dekat kota Sawai Madhopur, Rajasthan. Taman ini adalah salah satu yang terbesar di India.

Dulu, lokasi tersebut pernah menjadi tuan rumah keluarga Rajasthan yang sering datang ke sini untuk berburu. Bahkan, Pangeran Philip, suami dari ratu Britania Raya Elizabeth II, pernah menembak harimau di sini saat masa kunjungan tahun  60-an.

Waktu terbaik untuk melihat Harimau selama bulan April dan Mei. Selain Harimau Benggala, Anda juga dapat mengunjungi tiga danau yang terletak di dalam lokasi Taman Nasional Ranthambore, yang dikunjungi oleh banyak hewan buas untuk mencari air. 

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata Terpopuler di India)
 
2. Jim Corbett National Park, Uttarakhand
Jim Corbett National Park merupakan salah satu taman nasional India yang paling didambakan. Tentu saja, taman yang satu ini didedikasikan sebagai tempat untuk melindungi Harimau Benggala yang terancam punah.

Taman ini adalah salah satu yang tertua di negara ini, didirikan pada 1963. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman adalah dari bulan Maret hingga Juni. Anda dapat menyewa mobil di sini yang disediakan sekaligus memberi perjalanan safari hutan. 
 
Bukan hanya Harimau Benggala. Di sini, Anda juga bisa menemui spesies hewan lain seperti kucing hutan, chital (rusa tutul), rusa gonggong, dan banyak lagi.

Bagian terbaik tentang taman ini yaitu berada di sabuk Himalaya. Sebuah tempat yang memberikan penampakan alam terbaik di dunia.
 
3. Sunderban National Park, Benggala Selatan 
Benteng, Babi, juga Harimau. Sambil menyaksikan hewa-hewan liar, Anda juga bisa merasakan tiupan angin yang menyejukkan dari Sunderban National Park. Taman ini terletak di distrik 24 Parganas, Benggala Barat. Dan, merupakan bagian dari Sundarbans di delta Sungai Gangga. 

Lokasi ini ditumbuhi hutan bakau yang lebat. Merupakan salah satu habitat terbesar untuk Harimau Royal Bengal. Ini adalah salah satu situs warisan UNESCO. 

Tempat ini digadang-gadang akan memberikan pengalaman spektakuler bagi para pelancong yang mengunjunginya. Untuk mendapatkan momen terbaik, Anda dapat mengunjungi Sunderbans selama musim dingin, yaitu, dari Desember hingga Februari. 

Saat itu, beragam jenis burung bermigrasi ke Sunderban. Namun bukan berarti ketika musim panas lokasi ini tidak baik buat dikunjungi. Hanya saja, lokasi ini bisa sangat panas selama musim panas tiba. 

Sunderban adalah sebuah misteri. Anda mungkin harus menghabiskan banyak waktu untuk melihat Harimau Benggala secara langsung di lokasi itu.




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi