Pemuda dari Niederosterreich, Austria memenangkan hadiah utama berupa tiket PP Austria/Jakarta yang dipersembahkan oleh Duta Besar RI Wina dalam gelaran acara FMW 2019. (Foto: Dok. KBRI Wina)
Pemuda dari Niederosterreich, Austria memenangkan hadiah utama berupa tiket PP Austria/Jakarta yang dipersembahkan oleh Duta Besar RI Wina dalam gelaran acara FMW 2019. (Foto: Dok. KBRI Wina)

Ferien Messe Wien 2019, Peluang Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Austria

Rona wisata indonesia-austria
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Januari 2019 07:55
Jakarta: Ferien Messe Wien (FMW), pameran wisata tahunan terbesar di Austria, kali ini dilaksanakan sejak 9-13 Januari 2019 di kota Wina, Austria. Tahun ini, Indonesia telah terpilih menjadi partner country FMW 2019 dengan mengalahkan sejumlah kandidat dari negara lain. 
 
Selama penyelenggaraan FMW, lebih dari 150.000 pengunjung tertarik. Pengunjung tersebut berasal dari Austria, Slovenia, Slovakia, Hungaria, Polandia, dan Republik Ceko. 
 
KBRI/PTRI Wina bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI mempromosikan Indonesia dalam FMW dengan mengangkat tema 10 Destinasi Bali Baru. Tema itu ditetapkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(Antusiasme terlihat pada pagelaran Ferien Messe Wien (FMW), pameran wisata tahunan terbesar di Austria, kali ini dilaksanakan sejak 9-13 Januari 2019 di kota Wina, Austria. Foto: Dok. KBRI Wina)
 
Sementara itu, Stan Indonesia menghadirkan 10 tour operator dan ASITA yang memasarkan berbagai produk wisata untuk para pengunjung. Kemudian, di hari kedua para TO/TA menyampaikan rasa puasannya karena memasarkan produk wisata Indonesia.
 
"Tahun depan akan ikut lagi untuk promosi bersama di stan Indonesia," ungkap salah satu TO Indonesia. 
 
(Baca juga: Solidaritas untuk Lombok dalam HUT ke-73 RI di Austria)
 
Di stan Indonesia, dipentaskan beragam kesenian tradisional Indonesia. Seni yang ditampilkan, yakni Tari Eksotik Kalimantan, Tari Legong Keraton, Tari Piring, Tari Lambang Sari, Kolintang, Tari Rantak, Tari Roro Ngigel, Tari Baris, Tari, dan Tari Merak. 
 
Selain itu, pengunjung diajak berdansa bersama dengan tarian Poco-Poco dan Gemu Famire dengan iringan Wisdut Band. Sedangkan, di area panggung kuliner, ditampilkan kuliner khas seperti Rendang, Sate Ayam, Soto Betawi, Nasi Goreng, dan Gado-Gado.
 
Selain menyaksikan demo masak, pengunjung juga dapat menyicipi berbagai masasakan yang tersaji, bahkan mencoba menyicipinya dengan tata cara makan ala orang Indonesia. Demo membatik yang dibimbing oleh seniman Batik Bayu Aria juga tak kalah, penuh pengunjung.
 
Di demo membatik, pengunjung diajarkan teknik dasar membatik dengan menggunakan canting dan malam. Peralatan tersebut dipersiapkan khusus dari Indonesia. Bukan hanya pengunjung muda, namun pengunjung berusia tua juga ikut mengantre.
 
Besarnya minat para pengunjung juga terlihat dari sejumlah pengusaha Austria yang memesan kain yang dipamerkan pengusaha. Untuk memeriahkan stan, disediakan berbagai hadiah kepada pengunjung yang beruntung. 
 
Hadiah tersebut berupa souvenir kerajinan Indonesia, dengan hadiah utama berupa tiket PP Austria/Jakarta yang dipersembahkan oleh Duta Besar RI Wina dan kemudian dimenangkan oleh pemuda dari Niederosterreich, Austria.
 

(Pemuda dari Niederosterreich, Austria memenangkan hadiah utama berupa tiket PP Austria/Jakarta yang dipersembahkan oleh Duta Besar RI Wina dalam gelaran acara FMW 2019. Foto: KBRI Wina)
 
Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, DR. Darmansjah Djumala menyatakan bahwa terpilihnya Indonesia sebagai partner country FMW 2019 menunjukkan perhatian dan antusiasme kalangan dunia pariwisata Austria terhadap potensi wisata Indonesia. 
 
"Melalui FMW 2019 ini akan makin banyak lagi wisatawan Austria dan negara sekitarnya yang berkunjung ke destinasi baru Indonesia -10 Bali Baru, di masa mendatang," papar Darmansjah.
 
Terkait stan Indonesia, pihak pengusaha pariwisata yang mengisi stan menerima berbagai permintaan dari kalangan pengunjung. Di antaranya, informasi terkait obyek wisata yang dapat dikunjungi di Indonesia.
 
Para pengunjung mengaku ingin mengunjungi tempat wisata selain Bali, yakni ke berbagai kota atau kawasan di Yogyakarta, Pulau Komodo, Kepulauan Raja Ampat dan Sulawesi. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi