Atole mempunyai ciri khas seperti minuman sereal (Foto: Ist)
Atole mempunyai ciri khas seperti minuman sereal (Foto: Ist)

Beragam Minuman Hangat Non Alkohol dari Seluruh Dunia

Rona kuliner
Raka Lestari • 15 Januari 2019 12:04
Jakarta: Minuman hangat sangat tepat untuk dikonsumsi ketika cuaca dingin atau ketika malam hari. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis-jenis minuman hangat yang juga baik untuk tubuh Anda, di antaranya adalah wedang jahe.
 
Namun tidak hanya di Indonesia, di berbagai belahan dunia juga memiliki minuman hangat yang khas. Sebut saja Turki dengan Sahlep-nya, Meksiko dengan Atolenya, yang dijamin tanpa alkohol.
 
Tertarik untuk menikmati minuman hangat dari penjuru dunia, berikut Huffington Post menjabarkannya untuk Anda:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Sahlep: Turki, Yunani, Timur Tengah
Sahlep berasal dari Kekaisaran Ottoman, dan bahan utamanya adalah bubuk yang terbuat dari umbi anggrek liar. Bubuk ini dikombinasikan dengan susu panas, menciptakan minuman dengan tekstur creamy dan rasa sedikit manis dengan aroma bunga.

 
Minuman ini sering dinikmati di Turki, Yunani, dan daerah-daerah Timur Tengah. Biasanya sebagai sarapan yang kaya akan nutrisi atau camilan sore terutama pada musim dingin.
 
2. Atole: Meksiko
"Atole berasal dari kata Nahuatl 'atolli,' dan Anda tahu ketika sebuah kata berasal dari bahasa Aztec, itu karena sudah ada sejak lama," ujar Michelle Chavez, penulis blog makanan The Sweet Molcajete.
 

 
Atole dibuat dengan memadukan jagung bubuk dan air di zaman kuno, tetapi kebanyakan saat ini orang-orang membuatnya dengan susu panas. Atole biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di kota-kota di seluruh Meksiko. Tetapi Anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah.
 
3. Caffe d'Orzo: Italia

Orzo bimbo atau yang dikenal dengan nama caffe d'orzo merupakan minuman pengganti kopi dengan sedikit bau tanah dan sedikit pahit. Dibuat dari gandum yang dipanggang. Menurut Christina Conte, penulis blog makanan Cucina Christina, ketika masih kecil masyarakat Italia sering mengonsumsi roti panggang yang dicelupkan ke dalam orzo dengan susu dan gula.
 
4. Susu Kedelai Hangat: Korea, Jepang, Tiongkok dan Taiwan
Minuman susu kedelai hangat merupakan minuman yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat di Asia. Di beberapa bagian Korea, Jepang, Tiongkok, dan Taiwan, susu kedelai hangat yang ditambahkan gula sering dinikmati pada saat sarapan. Meskipun Anda bisa membeli susu kedelai instan, ada baiknya Anda membuat susu kedelai sendiri dari awal. Yang Anda butuhkan hanyalah air, kedelai kering berkualitas tinggi, blender, dan beberapa kain katun tipis.
 
5. Sbiten: Rusia

Sbiten, dibuat dengan campuran air, madu, dan rempah-rempah. Untuk membuatnya, cukup didihkan air, tambahkan madu secukupnya. Jangan lupa sertakan kombinasi antara lemon, jeruk, selai buah, batang kayu manis, cengkeh utuh, kapulaga, pala, jahe segar dan daun mint. Biarkan campuran tersebut selama setidaknya 15 menit, saring, kemudian tuangkan ke dalam cangkir dan nikmati.
 
Makanan dan Minuman Ini Dapat Kurangi Sakit Kepala

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi