Selain bisa dimakan secara langsung atau dijadikan jus, jeruk juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. (Foto: Hannah Pemberton/Unsplash.com)
Selain bisa dimakan secara langsung atau dijadikan jus, jeruk juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. (Foto: Hannah Pemberton/Unsplash.com)

Tips Memilih Jeruk yang Matang

Rona tips & trik
Raka Lestari • 02 Januari 2019 20:42
Jakarta: Selain bisa dimakan secara langsung atau dijadikan jus, jeruk juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Namun untuk langsung dikonsumsi terkadang Anda terjebak memilih yang kurang matang dan berakhir dengan rasa asam.

Untuk itu ada cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jeruk dengan tingkat kematangan yang tepat? Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih jeruk dengan tingkat kematangan sempurna:

1. Cobalah untuk menekan jeruk
Secara umum jeruk dengan kematangan yang paling tepat akan memiliki tekstur yang keras, berwarna kuning seluruhnya, halus, dan berkulit tipis.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Seperti yang Anda lakukan pada sebagian besar buah-buahan dan sayuran, hindari memilih jeruk yang sudah bertekstur lembek, terlihat berjamur meskipun sedikit, atau berwarna kecoklatan. (Baca juga: Makan Jeruk Setiap Hari, Salah Satu Kunci Panjang Umur)


(Ada cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jeruk dengan tingkat kematangan yang tepat. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

2. Periksa berat jeruk
Ketika Anda mengambil jeruk, Anda harus merasakan berat yang dimiliki jeruk tersebut, kira-kira seberat bola kecil. Berat ini menunjukkan berapa banyak air dalam jeruk Anda. Jangan takut menghirup buah jeruk. Buah yang paling manis dan paling matang biasanya akan mengeluarkan aroma mereka melalui kulit.

3. Pilih musim yang tepat
Pastikan untuk memilih jenis jeruk yang sesuai dengan musimnya. Jeruk Navel misalnya, biasanya akan paling segar pada pertengahan bulan Juni sampai September.

Sedangkan jeruk Sunkist yang terbaik adalah di  bulan September sampai Juni. Dan blood orange, yaitu jeruk yang berwarma merah seperti darah sangat baik pada awal bulan Juni sampai awal September.

4. Perhatikan warnanya
Apapun jenis jeruknya, yang paling penting adalah jeruk harus memiliki warna yang cerah. Selain itu, jeruk juga harus disimpan dengan baik dan benar.

Misalnya saja dengan menyimpannya di atas meja makan. Selain mencegah agar jeruk tidak cepat rusak, warna-warna cerah yang dimiliki jeruk bisa dijadikan sebagai hiasan meja makan Anda.




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi