Resto official pertama McDonald's di Amerika. (Foto: Dok. McDonald's/Rd.com)
Resto official pertama McDonald's di Amerika. (Foto: Dok. McDonald's/Rd.com)

Mengenang Asal Muasal McDonald's Pertama

Rona kuliner Mcdonalds Tutup sejarah McDonalds
Yatin Suleha, Kumara Anggita • 13 Mei 2020 11:18
Jakarta: McDonald's Sarinah resmi ditutup secara permanen pada Minggu, 10 Mei 2020 lalu pukul 22.00 WIB. Dan ramai diperbincangkan netizen betapa tempat ini menyimpan kenangan banyak orang. Betapa tidak, resto yang dibuka hampir 30 tahun ini dibuka 24 jam 7 hari seminggu.
 
Tempat ini sempat mewarnai kenangan banyak orang. Sejak dibuka pada 14 Februari 1991, McDonald's Sarinah Thamrin menjadi tempat meeting point, bekerja, menunggu macetnya jalan, atau yang bekerja di sekitarnya terkadang untuk makan siang dan menjadi tempat nonkrong anak-anak muda atau keluarga. 
 
Herwanto (karyawan) yang bekerja di area dekat Sarinah mengatakan tempat tersebut jadi saksi di mana sejak pacaran hingga memiliki anak makan di tempat tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak kenanganlah di situ (McD Sarinah). Semoga sesudah dipugar dibuat lagi ya yang sama atau bahkan disain interior eksteriornya lebih bagus lagi," katanya.
 
Tapi, jauh sebelum tahun 1991 (di Sarinah), resto ini punya sejarah panjang. McDonald's pertama kali dibuka pada 1955 seperti dilansir dari Reader's Digest.

Pertama kali McDonald's buka

McDonald's pertama kali dibuka dengan usaha kecil oleh Dick dan Mac. Mereka membangunnya di San Bernardino, California, Amerika pada tahun 1948. Menu yang disajikan adalah hamburger, minuman ringan, pai, kentang goreng, susu, kopi, dan milkshake.
 
Mengenang Asal Muasal McDonald's Pertama
(Menu yang dahulu disajikan, tepatnya tahun 1977 terpampang di atas kertas. Foto: Courtesy of Associated Newspapers/Shutterstock/Rd.com)
 
Ray Kroc, seorang salesman keliling, mengunjungi toko dan menjadi terpesona dengan operasinya. Saudara-saudara menyatakan bahwa mereka ingin berekspansi ke seluruh negeri, dan Kroc mendaftar sebagai agen waralaba pertama mereka pada tahun 1954.
 
Kroc membuka restoran pertama untuk McDonald's System, Inc pada 15 April 1955, di Des Plaines, Illinois dan pada waktu usahanya tidak terlalu lancar.

Arsitektur asli

McDonald's mulai bermunculan di seluruh Amerika Serikat. Mereka buat makanan cepat saji. Pelanggan dilayani di jendela-jendela besar di depan gedung. Eksterior restoran pertama berwarna merah dan putih dengan dua lengkungan emas di sisinya untuk membuat atap terlihat kurang rata. 
 
Dalam perkembangannya, staf McDonald's bekerja di dapur pada tahun 1974. Seragam mereka telah banyak berubah selama bertahun-tahun, terutama topi. 
 
Menu McDonald's dari tahun 1977 menunjukkan betapa berbedanya restoran menampilkan pilihan makanan mereka dibandingkan hari ini. Saat ini, Anda hanya perlu memilih makanan di layar digital.

Desain baru

Pada tahun 1969, McDonald's mengubah struktur restoran mereka untuk menampilkan Mansard Roof. Desainnya ditampilkan pada waralaba pertama yang dibuka di Moskow, Rusia pada tahun 1990. Kerumunan berbaris di luar untuk mendapatkan rasa pertama mereka dari Big Mac. 
 
Itulah asal muasal McDonald's, berawal dari hal sederhana sekarang sudah menjadi luar biasa. Namun untuk McDonald's Sarinah Thamrin, semoga doa banyak netizen terkabul, yaitu dibuka kembali setelah renovasi. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif