Ada beberapa negara yang menu masakan sehat. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa negara yang menu masakan sehat. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

10 Negara Asal Makanan Paling Sehat di Dunia

Rona kuliner
Anda Nurlaila • 25 Juni 2019 07:30
Berbagai makanan sehat tersaji dari seluruh dunia. Seperti misalnya masakan tradisional Vietnam lebih sedikit menggunakan minyak dan menggunakan saus berbahan dasar kelapa untuk rasa yang lebih kuat namun rendah kalori. Salah satu hidangan Vietnam tersehat dan paling lezat adalah pho ("fuh"), sup mi kaldu yang aromatik, penuh dengan rempah-rempah yang mengandung antioksidan. 
 

Jakarta: Sesekali saat merencanakan makan malam di luar, Anda mungkin mendambakan menyantap sesuatu yang berbeda. Kini, lebih mudah menikmati menu masakan dari berbagai negara, seperti masakan India atau Vietnam. 
 
Dari sekian makanan yang populer secara global, beberapa di antaranya selain enak juga lebih sehat. Penulis "The Jungle Effect: The Healthiest Diets from Around the World -- Why They Work and How to Make Them Work for You," Daphne Miller mengatakan ada beberapa negara yang menu masakan sehat, seperti dimuat dari CNN:

1. Yunani

Masakan tradisional daerah Mediterania mengandung banyak sayuran berdaun gelap buah segar, kacang-kacangan tinggi serat, lentil, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan kaya omega-3 yang meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan kanker. Bahan makanan itu juga mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit terkait diet lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian Universitas Harvard menyebut makanan tradisional Mediterania dikaitkan dengan penurunan 25 persen risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker. Orang yang menjalani diet Mediterania kehilangan lebih banyak berat badan dan merasa lebih puas. 

2. California 

Di California Anda dapat menikmati makanan musiman lokal yang disiapkan secara sederhana. Wilayah ini memiliki banyak menu dengan buah-buahan dan sayuran yang melawan penyakit, rendah kalori, kaya nutrisi dan alami dari pasar petani atau pertanian baik untuk tubuh. 
 
Editor senior nutrisi majalah kesehatan Frances Largeman-Roth mengatakan makanan yang ditanam secara lokal lebih enak dan memiliki nutrisi lebih tinggi. 

3. Vietnam

Negara Asia ini banyak memakai rempah, sayuran dan makanan laut, dan menggunakan teknik memasak menggunakan air atau kaldu alih-alih minyak dalam masakan tradisionalnya. 
 
Lagerman-Roth menjelaskan, masakan tradisional Vietnam lebih sedikit menggunakan minyak dan menggunakan saus berbahan dasar kelapa untuk rasa yang lebih kuat namun rendah kalori. Salah satu hidangan Vietnam tersehat dan paling lezat adalah pho ("fuh"), sup mi kaldu yang aromatik, penuh dengan rempah-rempah yang mengandung antioksidan.

4. Jepang

Masakan tradisional Jepang, terutama di pulau Okinawa dengan populasi penduduk berusia 100 tahun, sangat sehat. Menu makanan di Okinawa kaya buah-buahan dan sayur-sayuran yang melawan kanker, serta cara penyajiannya sehat dengan dikukus atau tumis cepat. 
 
Mereka juga menjalani tradisi Hara Hachi Bu, yang berarti makan hingga kenyang delapan bagian (80 persen kenyang). Aturan diet sederhana ini mungkin alasan mengapa risiko orang Jepang terkena kanker payudara dan usus jauh lebih kecil.
 
10 Negara Asal Makanan Paling Sehat di Dunia
(Masakan tradisional daerah Mediterania mengandung banyak sayuran berdaun gelap buah segar, kacang-kacangan tinggi serat, lentil, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan kaya omega-3 yang meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan kanker. Foto: Pexels.com)

5. India

Makanan India lekat dengan aroma rempah seperti kunyit, jahe, cabai merah, dan garam masala, yakni campuran jintan, kapulaga, lada hitam, kayu manis, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya.
 
Selain memberi citarasa pada masakan, rempah-rempah melindungi dari beberapa kanker. Penelitian terbaru menyebut kunyit dan jahe membantu melawan Alzheimer, memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan. Bahan-bahan sehat dalam makanan India termasuk yogurt dan lentil dengan kandungan serat dan asam folat dan magnesium yang membantu menstabilkan gula darah. 

6. Italia

Tradisi Italia adalah menikmati makanan dengan santai sangat baik bagi pencernaan. Namun yang menjadikan menu Italia pemenang adalah tomat, minyak zaitun, bawang putih, oregano, peterseli, dan basil. "Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat membantu melindungi wanita dari kanker payudara," kata Miller.

7. Spanyol

Makanan tradisional Spanyol disajikan dalam piring kecil sehingga selain sehat, porsi makanan tidak berlebihan. Makanan utama di Spanyol adalah makanan laut segar, sayuran, dan minyak zaitun. Menu Gazpacho dan paella adalah salah satu yang paling sehat. 

8. Meksiko

Berbeda dengan masakan Meksiko yang populer, masakan tradisional asli Meksiko menyehatkan jantung dan bahkan melangsingkan tubuh. Sebuah studi dari University of Utah menyebut kacang-kacangan, sup, dan saus berbasis tomat membantu menurunkan risiko wanita terkena kanker payudara. Di samping itu makanan yang lebih lama dicerna seperti kacang dan jagung memberi perlindungan dari diabetes tipe dua. 

9. Amerika Selatan

Amerika Selatan memiliki daftar kuliner yang sangat beragam. Tapi makanan tradisional di daerah ini banyak berasal buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian berprotein tinggi seperti quinoa. Lageman-Roth menyatakan makanan khas Amerika Selatan berupa nasi dan kacang memiliki kandungan protein sempurna.

10. Thailand

Sup populer Tom Yung Gung mungkin dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit dengan kandungan rempah seperti ketumbar, serai, jahe, dan bumbu lain. Sup yang dilengkapi dengan aneka makanan laut ini ternyata memiliki khasiat 100 kali lebih efektif daripada antioksidan lain dalam menghambat pertumbuhan tumor kanker.
 
Para peneliti di Universitas Kasetsart Thailand dan Universitas Kyoto dan Kinki Jepang tertarik melakukan penelitian karena kasus gangguan saluran pencernaan dan kanker lainnya lebih rendah di Thailand daripada di negara lain. 
 
Banyak rempah Thailand dengan manfaat luar biasa seperti jahe yang melancarkan pencernaan, kunyit sebagai antiinflamasi, dan serai untuk membantu mengobati pilek dan meredakan masalah perut.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif