Private dining sendiri mungkin memang identik dengan kelas atas. Seperti apa kisah di balik penyajiannya. Chef Maxi membagi ceritanya. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
Private dining sendiri mungkin memang identik dengan kelas atas. Seperti apa kisah di balik penyajiannya. Chef Maxi membagi ceritanya. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Private Dining, Olahan Chef yang Spesial Hanya untuk Anda

Rona kisah
Raka Lestari • 14 Desember 2018 15:19
Jakarta: Heboh saat penayangan film Crazy Rich Asian, serta tagar Crazyrichsurabayan tentu saja kehidupan mewah jadi lebih mudah terbayangkan. Dari mulai duduk di business class sebuah penerbangan, foto prewedding di lima benua, party yang bling-bling dengan souvenir emas, sampai makan malam mewah menyewa seorang chef.
 
Ah, tentu saja ini bukan angan-angan lagi. Dan bukan cuma ada di film atau cuma ada untuk crazyrich yang lainnya. Jika Anda berminat dan sanggup membayarnya, tentu saja Anda pun bisa melakukannya.
 
<i>Private</i> <i>Dining,</i> Olahan Chef yang Spesial Hanya untuk Anda
(Bayangkan Anda dimasak oleh chef profesional hanya untuk Anda dan pasangan atau keluarga Anda tersayang. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
 

Mengenal private dining


Apa sih private dining? Seperti artinya private artinya privat/pribadi. Dan dining adalah makan malam. Secara sederhana Anda makan malam bersama kekasih, teman-teman arisan, atau kumpul keluarga dengan suguhan masakan seorang chef profesional yang Anda bayar untuk memasak langsung di hadapan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu chef yang namanya sudah cukup dikenal dalam event private dining adalah Chef Adhika Maxi, yang memulai kariernya sebagai pencuci piring di sebuah restoran ketika dirinya tinggal di Australia.
 
Kini Chef Maxi, begitu panggilan akrabnya telah berhasil memiliki beberapa restoran berkualitas premium di Jakarta, seperti Union Brasserie di Pondok Indah Mall, Plaza Senayan dan PIK Avenue, Union Deli di Grand Indonesia, AMKC Atelier di Plaza Indonesia dan yang terbaru Union Cafe di Senayan City.
 
Selain sukses membuka restoran, Chef Maxi juga membuka jasa private dining. Bahkan bisa dibilang bahwa private dining merupakan usaha pertamanya.
 
"Sekarang ini kan kita kalau mau pergi ke restoran harus dandan dulu, siap-siap dulu, belum lagi kalau kena macet di jalan. Nah, banyak dari mereka yang ingin memanggil chef-nya saja langsung ke rumah. Misalnya pingin makan malem tapi tanpa persiapan khusus, ya mereka menggunakan jasa private dining itu," ujar pria berkacamata ini.
 
Menurut Chef Maxi, tidak ada persiapan khusus bagi seorang chef ketika harus melakukan private dining. Yang terpenting adalah mengetahui bagaimana selera dari pelanggan atau apakah ada pantangan-pantangan yang dimiliki pelanggan.
 
"Persiapan khusus sih tidak ada, yang penting adalah pelanggan bisa cocok dengan menunya, jadi kita harus mengetahui apa yang disukai atau yang tidak disukai pelanggan. Atau apakah pelanggan kita seorang vegetarian atau bukan."
 
(Baca juga: Trik agar Makan Malam di Rumah Terasa Romantis)
 
<i>Private</i> <i>Dining,</i> Olahan Chef yang Spesial Hanya untuk Anda
(Aneka sajian makan dalam private dining bisa tergantung apa yang Anda pesan. Foto: Dok. Chef Maxi/Izakayakaijkt.com)
 

Private dining identik dengan kelas atas


"Private dining sendiri mungkin memang identik dengan kelas atas ya karena pada zaman dahulu pun raja-raja di Inggris pun punya private chef tersendiri. Identik dengan kalangan berkelas karena kan mereka memang biasanya memiliki private chef, dokter pribadi, atau bahkan banker pribadi," tuturnya.
 
Ia juga menambahkan bahwa private dining bisa digunakan pada berbagai kesempatan, seperti pesta pernikahan, romantic dinner, ataupun acara-acara spesial lainnya.
 
Namun sebenarnya, menurut Chef Maxi harga untuk mengadakan private dining sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan para calon pelanggan.
 
"Sebenarnya kalau untuk harga, bisa disesuaikan dan selain itu juga tidak ada batasan minimal untuk berapa orang dalam melakukan private dining ini. Bisa untuk berdua atau bahkan saya pernah juga untuk acara pesta pernikahan."
 
<i>Private</i> <i>Dining,</i> Olahan Chef yang Spesial Hanya untuk Anda
(Chef Maxi mengatakan kebutuhan private dining bisa dalam berbagai acara. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
 

Tren private dining


Tren private dining sendiri saat ini sudah mulai banyak dikenal banyak orang. Mengingat memang ada juga banyak chef lain yang menerima jasa memasak ala private dining ini.
 
"Kalau untuk tren private dining sendiri menurut saya akan makin booming karena semakin banyak orang yang mau enjoy bisa makan sambil berada di rumah sendiri," ujar Chef Maxi.
 
"Jadi kalau menurut saya misalnya ada kolega bisnis atau tamu penting itu paling indah kalau menjamu mereka langsung di rumah. Karena rumah identik dengan kekeluargaan, dan dengan mengundang mereka untuk makan langsung di rumah kan memberikan kesan intimate yang tidak bisa kita beli kalau kita menjamu mereka di restoran," ujar Chef Maxi.
 
Memang yang ditawarkan oleh private dining adalah suasana hangat dan kekeluargaan yang mungkin akan dirasakan secara berbeda ketika berada di restoran atau berada di rumah sendiri.
 
"Karena kan kalau restoran nih, misalnya tamu kita beberapa hari yang lalu pernah ke sana. Kemudian beberapa hari kemudian kita mengundang lagi mereka untuk datang ke restoran yang sama, yang mengundangnya mungkin berbeda tapi kan tempatnya sama. Intimacy-nya pun akan berbeda."
 
"Dalam private dining ini menurut saya yang terpenting adalah bagaimana kepuasan konsumen dalam masakan yang sudah saya buat."
 
<i>Private</i> <i>Dining,</i> Olahan Chef yang Spesial Hanya untuk Anda
(Yang ditawarkan oleh private dining adalah suasana hangat dan kekeluargaan yang mungkin akan dirasakan secara berbeda ketika berada di restoran atau berada di rumah sendiri. Foto: Dok. Chef Maxi/Izakayakaijkt.com)
 

Mengutamakan kesegaran dan kualitas


Memasak langsung di hadapan klien menurut Chef Maxi, salah satu hal yang tidak boleh luput adalah sajian bahan masakan yang terbaik dan segar. Ini menurutnya penting karena dengan selalu berusaha memilih bahan yang segar maka kualitas makanan pun akan baik.
 
Chef Maxi mengatakan bahwa salah satu yang bisa dikembangkan ke depannya adalah banyaknya jajanan pasar khas Indonesia yang sangat beragam dan selalu menggunakan bahan-bahan yang segar.
 
"Mbok-mbok yang berjualan jajanan pasar itu misalnya, mereka menggunakan santan yang fresh setiap harinya dalam membuat jajanan pasar itu sangat khas Indonesia sekali."
 
"Memang kalau menurut saya masakan Indonesia adalah makanan yang memerlukan teknik tingkat tinggi, kalau membuat spaghetti aglio olio kan pasti bahannya tidak begitu banyak ya, berbeda kalau kita ingin memasak laksa yang cukup beragam bahan-bahannya," tutur Chef Maxi.
 
Jadi, jika Anda ingin memiliki pengalaman makan yang langsung dimasak secara private buat Anda bersama pasangan atau keluarga, Chef Maxi bilang, "Bisa disesuaikan sama kemampuan pelanggan." Tertarik?
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif