Rambut lepek bukan hanya membuat penampilan terlihat kusam atau tidak rapi. (Ilustrasi/Pexels)
Rambut lepek bukan hanya membuat penampilan terlihat kusam atau tidak rapi. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Merawat Rambut Lepek

Rona rambut
Sunnaholomi Halakrispen • 14 November 2019 16:08
Jakarta: Rambut lepek bukan hanya membuat penampilan terlihat kusam atau tidak rapi, tapi juga bisa membuat suasana hati tidak nyaman. Apalagi ketika permasalahan rambut lainnya muncul.
 
Seperti disitat seperti WebMD, untuk menghindari rambut Anda terkena permasalahan rambut, ketahuinya beberapa permasalahan yang sering kali terjadi. Kemudian, lakukan solusinya.
 
1. Ketombe

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda tidak bisa mengenakan pakaian berwarna hitam. Sebab, sadar atau tidak, Anda akan memamerkan serpihan putih yang memalukan di area bahu Anda.
 
Untuk mengontrol ketombe, perhatikan sampo yang Anda gunakan. Beralihlah ke sampo dengan bahan-bahan seperti selenium sulfide, tar, atau zinc pyrithione.
 
Ketika mencuci rambut, diamkan sampo selama lima menit untuk memberikan waktu sampo bekerja pada kulit kepala Anda. Mungkin perlu menggunakannya sebanyak dua atau tiga kali seminggu sampai ketombe hilang. Jika tidak jua berhasil, segera temui dokter dan konsultasilah.
 
2. Rambut bercabang
 
Rambut yang bercabang terkadang bisa terlihat dari warna rambut yang mulai pirang atau kemerahan akibat terpapar matahari. Namun, terkadang juga tak terlihat. Ketika Anda berusaha mencabutnya setiap hari, ujung bercabang tidak akan hilang.
 
Untuk mengatasi permasalahan ini, langsung ke akar ujung terbelah, lakukan styling berlebihan. Pegang pengering rambut Anda setidaknya 6 inci dari kepala Anda dan matikan ketika rambut Anda kering.
 
Cobalah untuk tidak mengeringkan rambut Anda setiap hari. Hindari perawatan pemutihan dan pelurusan, yang dapat merusak rambut.
 
Solusi terbaiknya, gunakan kondisioner yang tepat untuk menjaga rambut Anda tetap lembap. Untuk menyingkirkan ujung rambut bercabang, jangan tarik atau memotong rambut dengan asal.
 
3. Rambut berminyak
 
Rambut Anda sangat berminyak, terlihat basah saat kering. Bahkan, saat belum lama setelah Anda mencuci rambut. Mungkin Anda berpikir untuk harus mencuci rambut setiap hari.
 
Cara tersebut bisa dilakukan untuk menghilangkan minyak berlebih pada kepala. Tetapi, lindungi rambut Anda dari kerusakan dengan menggunakan sampo lembut dan kondisioner yang ringan.
 
Jangan menyikat terlalu kencang, karena akan melepaskan lebih banyak minyak dari kulit kepala Anda. Gunakan gel dan produk penata rambut lainnya yang termasuk kategori ringan.
 
4. Rambut pada kaki
 
Rambut pada kaki atau kaki berbulu lebat membuat tidak nyaman atau tidka percaya diri. Apalagi, ketika hendak mengenakan pakaian minim atau seksi. Cilakanya, ketika mencoba mencukurnya maka berisiko rambut semakin tebal saat tumbuh kembali.
 
Untuk menjaga rambut lebih lama, cobalah waxing. Teknik ini sedikit sakit dan bisa mengiritasi kulit, tetapi itu hanya berlangsung hingga enam minggu.
 
Namun, berhati-hatilah, karena lilin panas dapat menyebabkan luka bakar jika tidak digunakan dengan benar. Anda harus menumbuhkan rambut Anda setidaknya seperempat inci sebelum Anda waxing. Jadi, bersiaplah mengenakan jeans dalam beberpaa waktu untuk menutupi kondisi rambut halus yang sedang tak baik.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif