Dalam survei ZAP Beauty Index ditemukan teman punya pengaruh yang cukup besar untuk meyakinkan seseorang akhirnya membeli produk kecantikan. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Dalam survei ZAP Beauty Index ditemukan teman punya pengaruh yang cukup besar untuk meyakinkan seseorang akhirnya membeli produk kecantikan. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Pengaruh Paling Besar Wanita dalam Memilih Produk Kecantikan

Rona kecantikan
Yatin Suleha • 28 Desember 2018 20:33
Jakarta: Anda masih ingat dengan Rahmawati Kekeyi Putri Cantika? Sosok YouTuber kecantikan yang bereksplorasi dengan aneka barang rumahan yang sederhana seperti balon, make up dengan harga tak lebih dari Rp25 ribu, atau menggunakan bedak bayi.
 
Memang sejak mulai merebaknya blogger atau vlogger kecantikan semakin meramaikan dunia kecantikan di Indonesia.
 
Lalu menilik sepak terjang para influencer kecantikan ini apakah cukup membuat Anda juga ikut terpengaruh?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Endang Oktaviani, seorang Make Up Artist (MUA) yang baru berkecimpung beberapa bulan yang lalu mengatakan sedikit banyak para influencer ini jadi bahan referensi.
 
"Menurut saya saat ini profesi MUA sudah menjadi salah satu profesi yang tidak bisa dianggap remeh. Bayangkan saja, ada yang dibayar mulai dari Rp2 juta sampai double digit," tukas Endang.
 
Pengaruh Paling Besar Wanita dalam Memilih Produk Kecantikan
(Menurut data yang dihimpun dalam ZAP Beauty Index saat ini media sosial menjadi media yang digunakan untuk mencari review produk kecantikan. Foto: Element5 Digital/Unsplash.com)
 
Ini artinya bagi Endang, review para infleuncer juga menjadi sebuah perhatian untuk memengaruhi seorang wanita jadi membeli produk kecantikan dan menambah pengetahuan para MUA.
 
Menurut data yang dihimpun dalam ZAP Beauty Index saat ini media sosial menjadi media yang digunakan untuk mencari review produk kecantikan.
 
Data dari survei yang sama ini menyebutkan persentasenya 55,0 persen dari 17.889 responden. Review produk kecantikan kedua terbesar adalah dari YouTube yaitu 41,6 persen.
 
Dan sebelum membeli produk kecantikan baik secara online dan offline 73,2 persen wanita Indonesia terlebih dahulu mencari review antara lain dari dua media sosial tersebut di atas.
 
Dalam data yang sama juga disebutkan bahwa ada juga kalanya wanita lebih memercayai informasi yang diberikan oleh beauty blogger. Bahkan dari data tersebut disebutkan persentasenya sampai 40,9 persen.
 
Menurut Endang ini bukan hal yang aneh, karena dirinya juga ada yang mengikuti saran dari beauty blogger tersebut.
 
"Saya sering melihat YouTube-nya Tasya Farasya. Menurut saya review produk yang ditampilkan sangat beragam sehingga beberapa saran dalam video miliknya bisa berguna," ucap Endang.
 
(Baca juga: Beda Perawatan Kecantikan Dulu dan Kini)
 
Pengaruh Paling Besar Wanita dalam Memilih Produk Kecantikan
(Dalam survei ZAP Beauty Index, teman punya pengaruh yang cukup besar juga untuk meyakinkan seseorang akhirnya membeli produk tersebut. Foto: Designecologist/Unsplash.com)
 
Peran teman
 
Tetapi pengaruh lainnya dalam hal memilih produk kecantikan juga tak bisa dianggap sepele. Dalam survei yang sama, teman punya pengaruh yang cukup besar juga untuk meyakinkan seseorang akhirnya membeli produk tersebut.
 
Meskipun kerapkali mencari informasi mengenai produk kecantikan di Instagram dan YouTube, namun dalam hal pembelian produk, teman (sebanyak 18,4 persen) lebih memengaruhi pembelian wanita Indonesia dibandingkan dengan beauty blogger (12,5 persen).
 
"Kalau teman kan sudah yakin pernah pakai, punya pengalaman ketika mengaplikasikan produk tersebut. Dan teman biasanya tidak punya niatan 'endorse' atau jualan, pure (murni) karena dia pernah pakai. Buat saya semua referensi berguna, baik dari media sosial ataupun dari teman-teman. Karena kita tidak ingin kemampuan MUA kita hanya sampai di titik ini saja," ujar Endang.
 
"Akan lebih baik kalau kita terus bereksplorasi dengan aneka macam produk dan memelajarinya serta mengembangkan teknik terbaik MUA kita," tutup Endang.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif