Kunjungan Menteri Kesehatan ke Gedung BPOM (Foto: Dok Kemenkes)
Kunjungan Menteri Kesehatan ke Gedung BPOM (Foto: Dok Kemenkes)

Bertemu BPOM, Menkes Segera Tindaklanjuti Harga Obat

Rona bpom menkes
Sunnaholomi Halakrispen • 05 November 2019 15:35
Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto bertemu dengan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito. Keduanya berkoordinasi terkait pengawasan dan harga obat di Indonesia.
 
Persoalan harga obat ini akan segera ditindaklanjuti. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Jokow Widodo (Jokowi) kepada Menkes.
 
“Harga obat yang tinggi berarti ada sesuatu yang harus ditindaklanjuti,” ujar Terawan dalam rilis Kementerian Kesehatan RI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terawan memaparkan bahwa harga obat bisa menjadi murah. Asalkan, ada pesaing, regulasi yang tidak rumit, kejelasan regulasi, dan daya beli masyarakat yang tinggi.
 
“Masalah regulasi, yang penting tidak boleh salah, karena kalau salah akan berdampak ke depannya,” tuturnya.
 
Terkait dengan persoalan harga obat, BPOM dinilai memegang peran penting. Terutama, dalam regulasi pengawasan dan perlu penguatan dari Kemenkes. Lantaran demikian, Terawan merasa harus turut membantu dari sisi regulasi ataupun anggaran. Dua poin penting yang tak boleh dibiarkan.
 
Penny pun mengatakan, pihaknya telah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Non Fisik untuk persoalan anggaran.
 
“Kita dapat anggaran DAK dari APBD Non Fisik untuk Pengawasan Obat dan Makanan, ini tahun pertama,” tutur Penny.
 
Selain itu, dalam pertemuan antara Menkes dengan Kepala BPOM, dibahas juga mengenai tugas dan fungsi BPOM. Terawan mengakui sekaligus mengapresiasi bahwa sistem di BPOM sudah berbasis elektronik dan data sudah transparan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif