Para pemilik hewan tentu akan melakukan berbagai cara agar hewan kesayangan mereka tetap aman pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang. (Ilustrasi/Pexels)
Para pemilik hewan tentu akan melakukan berbagai cara agar hewan kesayangan mereka tetap aman pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Hand Sanitizer Bisa Diberikan pada Hewan Peliharaan?

Rona hewan peliharaan
Raka Lestari • 06 Agustus 2020 15:02
Jakarta: Para pemilik hewan tentu akan melakukan berbagai cara agar hewan kesayangan mereka tetap aman pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang. Namun sayangnya, beberapa pemilik hewan menyamakan tindakan pencegahan untuk hewan seperti juga melakukannya pada manusia. Salah satunya adalah dengan membersihkan telapak tangan hewan menggunakan hand sanitizer.
 
“Jangan menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan telapak tangan hewan peliharaan Anda, seperti anjing atau kucing. Hal itu dapat menyebabkan keracunan jika terserap melalui kulit. Hand sanitizer dapat menyebabkan hewan Anda sakit jika sampai tertelan,” ujar Dokter hewan Dr Marty Becker.
 
Ia juga mengatakan bahwa hand sanitizer dapat menyebabkan telapak tangan anjing atau kucing menjadi lebih kering. “Hand sanitizer dapat menyebabkan telapak tangan mereka menjadi lebih mudah pecah-pecah dan lebih mungkin terbakar ketika mereka sedang berjalan-jalan di luar rumah,” ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika telapak tangan anjing atau kucing pecah-pecah, iritan dapat masuk ke aliran darah dan bahkan dapat menyebabkan penyakit dari bakteri Leptospirosis.
 
Penting juga untuk dicatat bahwa jika anjing atau kucing Anda tidak sengaja menelan hand sanitizer, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil tetap saja mereka dapat berisiko mengalami keracunan etil alkohol. Dan jika Anda mencurigai ini terjadi pada hewan kesayangan Anda, sebaiknya segera hubungi dokter hewan terdekat.
 
Meskipun hand sanitizer tidak direkomendasikan untuk hewan, Anda masih tetap bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan. Becker merekomendasikan untuk membersihkan mereka beberapa kali dalam seminggu. Atau bisa juga menggunakan tisu basah khusus untuk hewan.
 
Namun, beberapa orang menganggap bahwa tisu basah khusus untuk hewan bukanllah pilihan yang terbaik. Menurut American Kennel Club, tidak ada yang dapat membersihkan hewan sebaik dengan memandikannya secara langsung.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif