Aspirin ternyata memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari di luar fungsinya sebagai obat sakit kepala (Foto Ilustrasi: Thought Catalog/Unsplash.com)
Aspirin ternyata memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari di luar fungsinya sebagai obat sakit kepala (Foto Ilustrasi: Thought Catalog/Unsplash.com)

Manfaat Aspirin dalam Kehidupan Sehari-hari

Rona kesehatan
Raka Lestari • 27 Desember 2018 07:08
Jakarta: Aspirin biasanya digunakan dalam pengobatan, mulai dari demam, mengatasi rasa sakit, bahkan digunakan juga dalam pengobatan kanker. Aspirin juga memiliki efek antikoagulan dan dapat digunakan dalam dosis rendah dengan tempo yang lama untuk mencegah serangan jantung.
 
Namun tidak banyak yang tahu bahwa aspirin juga memiliki manfaat selain dalam bidang pengobatan. Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat selain untuk pengobatan:
 
1. Menghapus Noda Keringat
Penggunaan aspirin tidak terbatas pada rasa sakit dan demam. Aspirin bahkan digunakan untuk membersihkan pakaian Anda dari noda keringat. Hancurkan dua atau tiga aspirin dan campur bubuk tersebut ke dalam setengah gelas air hangat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aspirin mengandung asam salisilat, sehingga memiliki efek yang sama dengan asam asetat yang ditemukan dalam cuka yang juga dapat menghilangkan noda. Atau bisa coba dengan merendam bagian pakaian yang ternoda dalam larutan selama dua hingga tiga jam.
 
2. Mengembalikan Warna Rambut
Kandungan asam salisilat yang terdapat pada aspirin sangat baik untuk mengembalikan warna rambut Anda. Penggunaan produk perawatan rambut, terkena kaporit saat di kolam renang, dan waktu dapat mengubah warna rambut menjadi pudar dan kasar.
 
Tetapi Anda biasanya dapat mengembalikan rambut ke tempat semula dengan melarutkan enam hingga delapan aspirin dalam segelas air hangat. Gosokkan larutan secara menyeluruh ke rambut Anda, dan biarkan selama 10-15 menit.

Klik di sini: Otonomi, Rahasia Bahagia di Tempat Kerja

3. Mengeringkan Jerawat
Salah satu penggunaan aspirin adalah untuk kulit Anda. Asam salisilat dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan, menjadikannya obat yang baik jika jerawat muncul. Hancurkan satu aspirin dan basahi dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pada jerawat dengan kapas dan biarkan kering sebelum dicuci dengan sabun dan air.
 
4. Mengontrol Ketombe
Hancurkan dua aspirin menjadi bubuk dan halus, kemudian tambahkan ke dalam sampo normal setiap Anda akan menggunakannya untuk mencuci rambut. Biarkan campuran di rambut Anda selama 1-2 menit, lalu bilas sampai bersih dan cuci lagi dengan sampo biasa.
 
5. Menghilangkan Noda Bekas Telur di Pakaian
Campur air dan krim tartar ke dalam pasta dan tambahkan aspirin yang dihancurkan. Oleskan pasta pada noda dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan baik dalam air hangat dan telur akan hilang.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan (1)

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi