Mandi air hangat adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan di masa-masa pandemi. (Ilustrasi/Pexels)
Mandi air hangat adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan di masa-masa pandemi. (Ilustrasi/Pexels)

Alasan Mengapa Mandi Air Hangat Bikin Awet Muda

Rona awet muda
Kumara Anggita • 07 September 2020 11:59
Jakarta: Mandi air hangat adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan di masa-masa pandemi yang memberatkan ini. Ini karena mandi air hangat memberikan beberapa manfaat salah satunya bikin buat awet muda. Mengapa bisa ya?
 
Dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, dermatologist menyutujui bahwa mandi air hangat memang bisa membuat awet muda. Namun ia mengingatkan bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan benar. Ini artinya, Anda mandi di temperatur 37-38 derajat Celcius dan tidak lebih dari 10 menit.
 
“Ini dapat mencegah penuaan dini dan meningkatkan exercise tolerance atau mempengaruhi respon tubuh ketika melakukan aktivitas fisik,” ungkapnya dalam Virtual Media Launch Electolux Water Heater Comfortflow dan AquaPro Series. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, mandi air hangat bisa buat orang awet muda karena kegiatan ini membuat tubuh Anda mengeluarkan hormon-hormon yang baik.
 
“Jadi pada saat kita terstimulus dengan air yang hangat. Itu stimulus itu akan terbawa ke otak. Di otak itu akan mengeluarkan hormon yang menyenangkan. Ada dopamin yang biasanya kita sebut sebagai hormon perasaan senang. Lalu serotonin yang membuat kita mudah tidur, senang juga, buat segar dan awet muda,” ujarnya.
 
“Dan ada juga hormon oksitosin yang dikenal sebagai hormon cinta. Dan  keempat adalah endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit.  Jadi menghilangkan stres. Jadi semua ini bikin awet muda,” jelasnya.
 
Jadi, jangan ragu lagi untuk menambahkan kegiatan ini di hari-hari yang melelahkan. Rasakan manfaat baiknya.
 

 
(YDH)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif