Retinopati diabetik terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah pada jaringan belakang mata (retina). Pexels
Retinopati diabetik terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah pada jaringan belakang mata (retina). Pexels

Awas! Diabetes Juga Bisa Sebabkan Gangguan Mata

Rona diabetes mata Selamat Pagi Indonesia
MetroTV • 14 Oktober 2021 20:50
Jakarta: Hari Penglihatan Sedunia diperingati setiap 14 Oktober. Masyarakat diajak memahami beragam faktor yang dapat menyebabkan ganguan mata, salah satunya diabetes.
 
Wakil Ketua II Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Ari Djatikusumo menyebut orang yang memiliki diabetes rawan mengalami gangguan mata.
 
“Kalau orang diabetes, terus dia stres atau banyak pikiran dan lain lain itu juga tanpa disadari kadar gulanya bisa meningkat tinggi dan kadar gula tinggi bisa menyebabkan gangguan di mata,” jelas Ari dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 14 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retinopati diabetik terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah pada jaringan belakang mata (retina). Diabetik retinopati ini juga menjadi salah satu faktor penyakit yang menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.
 
Menjaga nutrisi, kata Ari, menjadi faktor penting untuk menjaga mata tetap sehat. Makanan makanan yang memiliki kandungan antioksidan baik bagi kesehatan mata. 
 
Masyarakat disarankan tidak hanya mengkonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan mata. Semua sayuran hijau dan komponen 4 sehat 5 sempurna harus terpenuhi.
 
Mata juga perlu dilindungi dari sinar ultraviolet. Warga sangat disarankan memakai topi atau kacamata yang memiliki UV filter untuk melindungi mata saat beraktivitas di bawah matahari terik. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(SUR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif