Sinus yang tersumbat bisa berarti lebih dari sekadar hidung tersumbat.(Ilustrasi/Pexels)
Sinus yang tersumbat bisa berarti lebih dari sekadar hidung tersumbat.(Ilustrasi/Pexels)

Kaitan Telinga dengan Sinus Tersumbat

Rona sinusitis
Sunnaholomi Halakrispen • 07 Januari 2020 12:12
Jakarta: Sinus dan telinga terhubung di dalam kepala Anda. Sehingga, hidung tersumbat dapat memengaruhi tekanan di telinga Anda. Mengobati penyumbatan bisa membantu.
 
Sinus yang tersumbat bisa berarti lebih dari sekadar hidung tersumbat. Anda juga bisa merasakan sakit, pusing, dan sensasi telinga yang teredam, seperti Anda berada di pesawat yang menurun.
 
Tersumbat, tidak nyaman telinga, dan nyeri sinus. Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meredakan telinga setelah Anda tahu apa masalahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari WebMD, apabila Anda mengalami masalah penyumbatan karena kering, segera dapatkan kelembapan. Letakkan waslap yang hangat dan lembap di wajah Anda. Ini bisa meringankan tekanan dan rasa sakit.
 
Pelembap juga akan membantu menjaga sinus Anda tidak mengering. Atau Anda bisa duduk di kamar mandi dengan shower air panas yang mengalir, selama 15 menit untuk mengurangi rasa sakit.
 
Kemudian, periksa lemari obat. Cobalah obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Obat-obatan tersebut berguna untuk meredakan sakit telinga atau sakit akibat tekanan sinus.
 
Bisa juga dengan mencoba dekongestan. Tablet yang dijual bebas atau semprotan hidung dapat meringankan penyumbatan sinus yang pada akhirnya dapat meringankan telinga yang tersumbat. 
Kaitan Telinga dengan Sinus Tersumbat
(Ilustrasi/Pexels).
 
Tetapi, jangan menggunakan semprotan dekongestan hidung selama lebih dari tiga hari. Sebab, semakin Anda menggunakannya, semakin Anda membutuhkannya ketika Anda mengalami kemacetan atau penyumbatan bahkan dalam skala kecil.
 
Perubahan tekanan yang Anda rasakan di pesawat terbang pun bisa jadi tidak nyaman bagi telinga Anda. Jika Anda sudah merasakan sakit atau tekanan sinus, hindari penerbangan karena bisa memperburuk kondisi Anda.
 
Kemudian, suhu yang ekstrem juga dapat memperburuk masalah telinga yang berhubungan dengan sinus. Jika telinga Anda mengganggu Anda, ini bukan saatnya untuk jogging di hari yang panas atau beraktivitas di suhu yang dingin. 
 
Cara lain, angkat kepalamu. Jika Anda membungkuk ke depan dengan kepala berada di bawah, gaya ini bisa membuat tekanan sinus Anda semakin buruk. Maka, hindari kelas yoga atau aktivitas lain yang mengharuskan Anda bergerak seperti itu.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif