NEWSTICKER
8 Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru (Foto: boldsky)
8 Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru (Foto: boldsky)

8 Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru

Rona kesehatan paru-paru
Gervin Nathaniel Purba • 09 Desember 2016 18:29
medcom.id, Jakarta: Jumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat terus meningkat di Ibu Kota Jakarta. Dengan demikian kadar polusi udara di Jakarta bisa dibilang mengkhawatirkan.
 
Meningkatnya kadar polusi ini membuat rentan kesehatan paru-paru. Ada baiknya dalam program diet Anda, sertakan makanan-makanan berikut dalam menjaga kesehatan paru-paru anda.
 
1. Bawang Putih
Bawang putih memiliki antiinflamasi yang membantu dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Bawang putih memiliki allicin, antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Bawang putih juga bagus untuk asma.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Apel
Orang yang mengonsumsi antara dua sampai lima apel memiliki berisiko rendah untuk terkena asma dari pada orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali.  
 
3. Wortel
Studi awal menunjukkan beta-karoten dalam wortel dapat dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh untuk memberikan bantuan melawan asma. Karotenoid dari fitonutrien dapat mencegah kanker paru-paru. Beta-cryptoxanthin juga melindungi paru-paru terhadap kanker paru-paru dan labu memiliki konsentrasi tertinggi dari senyawa ini, diikuti oleh pepaya.
 
4. Blewah
Buah blewah (Curcumis Melon) dan memang merupakan sejenis melon  mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat melawan radikal bebas untuk melindungi paru-paru.
 
5. Biji Rami
Biji Rami memiliki asam lemak Omega-3 yang tinggi selain magnesium. Asam Lemak ini ditemukan berlimpah dalam berbagai ikan dan dapat menyembuhkan asma. Magnesium ini juga baik dalam relaksasi otot-otot yang mengelilingi saluran udara.
 
6. Alpukat
Alpukat mengandung antioksidan penting yang disebut gluthaione, yang melindungi sel-sel yang rusak akibat radikal bebas.
 
7. Makanan Yang Mengandung Asam Folat
Makanan yang mengandung asam folat tinggi atau vitamin B juga dapat melindungi paru-paru dari berbagai gangguan. Kacang hitam dan kacang memiliki asam folat yang tinggi.
 
8. Kafein
Kafein mungkin memiliki efek yang baik atau buruk, tapi ketika asma kafein dianggap baik. Kafein dapat meningkatkan saluran udara selama berjam-jam setelah konsumsi.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif