Bagaimana cara untuk mengetahui perbedaan ketombe dan kutu rambut? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Bagaimana cara untuk mengetahui perbedaan ketombe dan kutu rambut? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Perbedaan Ketombe dan Kutu Rambut

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 13 Mei 2019 09:00
Ketombe dan kutu rambut, dua-duanya membuat kepala Anda gatal. Menurut Benjamin Garden, MD, seorang dokter kulit mengatakan kutu rambut merupakan serangga parasit kecil yang hidup di kulit kepala dan menghisap darah. Sedangkan ketombe biasanya menyebabkan peradangan dan kulit kepala yang kering. 
 

Jakarta: Sangat mudah untuk mengetahui apakah rambut Anda kotor, yaitu dengan melihat tanda-tanda yang jelas seperti rambut terasa berminyak, berbau, dan juga lengket. 
 
Namun jika Anda melihat ada titik-titik putih pada rambut, Anda mungkin berpikir itu karena ketombe atau kutu rambut yang tentu saja keduanya merupakan jenis yang berbeda. Meskipun memang keduanya sama-sama menyebabkan rambut Anda terasa gatal.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui perbedaan keduanya? 


Perbedaan Ketombe dan Kutu Rambut
(Ketombe dan kutu rambut, dua-duanya membuat kepala Anda gatal. Menurut Benjamin Garden, MD, seorang dokter kulit mengatakan kutu rambut merupakan serangga parasit kecil yang hidup di kulit kepala dan menghisap darah. Sedangkan ketombe biasanya menyebabkan peradangan. Foto: Pexels.com)

1. Kutu rambut 

- Menurut Benjamin Garden, MD, seorang dokter kulit yang berpraktik di Chicago, kutu rambut merupakan serangga parasit kecil yang hidup di kulit kepala dan menghisap darah di kepala Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- Kutu rambut memiliki telur atau larva yang berwarna kuning, coklat, atau putih di kepala Anda.
 
- Kutu rambut mudah menular. Medianya melalui penggunaan sisir bersamaan atau berdekatan dengan mereka yang memiliki kutu rambut.
 
- "Telur kutu biasanya akan menempel pada rambut," kata Shari Lipner, MD, seorang dokter kulit di NewYork-Presbyterian dan Weill Cornell Medicine. 
 
- Menurut Dr Garden, bahkan setelah mereka menetas, kulit telur biasanya akan tetap berada di rambut selama beberapa bulan.
 
- "Kutu menempel di helai rambut, bukan kulit kepala, kata," Dr Garden. 
 
- Kutu rambut biasanya di belakang telinga dan di belakang leher, dengan pengecualian untuk kasus-kasus ekstrem di mana telur kutu ada di mana-mana.

2. Ketombe

- Sedangkan ketombe, berbeda dengan kutu rambut dan biasanya menyebabkan peradangan dan kulit kepala yang kering. 
 
- Peradangan yang disebabkan karena ketombe tersebut yang menyebabkan rasa gatal dan kemerahan yang oleh ahli kulit disebut bersisik. 
 
- Sisik yang dimaksud bukanlah seperti sisik ikan tetapi serpihan putih kecil dari kulit kepala yang kering. Perbedaan lainnya adalah ketombe tidak menular.
 
- Shari Lipner, MD, seorang dokter kulit di NewYork-Presbyterian dan Weill Cornell Medicine menjelaskan serpihan ketombe biasanya mudah terjatuh dari rambut.
 
- "Serpihan-serpihan ketombe biasanya ada di bagian atas kulit kepala," ucap Dr Garden. 
 
- Hal lain yang membedakan juga adalah ketombe biasanya tersebar seluruh kulit kepala. 
 
Cara terbaik untuk mengetahui perbedaan ketombe dan kutu rambut adalah dengan meminta orang lain memeriksa kulit kepala Anda dengan cermin dan sisir agar lebih mudah terlihat terutama karena sulit untuk melihat telur kutu. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif