Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki warna rambut yang kusam dan rusak. (Foto: Tamara Bellis/Unsplash.com)
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki warna rambut yang kusam dan rusak. (Foto: Tamara Bellis/Unsplash.com)

Cara Memperbaiki Warna Rambut yang Rusak

Rona rambut
Raka Lestari • 26 Desember 2018 12:25
Jakarta: Siapa pun yang pernah mewarnai rambut, tentu tahu betapa merepotkannya untuk mempertahankan tampilan warna rambut yang sehat. Setelah proses bleaching dan proses pewarnaan berulang, rambut bisa kehilangan kekuatannya, terlihat kusam dan benar-benar kering.

Tetapi tidak harus seperti itu. Dengan perawatan yang tepat, rambut yang terlihat rusak pun bisa menjadi sehat kembali.

Dikutip dari Reader's Digset, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki warna rambut yang kusam dan rusak:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Jangan gunakan sampo berbasis sulfat
Ada satu bahan yang harus diwaspadai untuk melindungi rambut Anda, yaitu sulfat. "Saya selalu menyarankan klien kami untuk menggunakan sampo yang bebas sulfat dan aman untuk warna rambut," ujar Chelsea Smith, ahli pewarnaan rambut dari Madison Reed. "Sulfat umumnya digunakan dalam shampo sebagai zat pembersih yang menghilangkan tumpukan kotoran dari rambut. Namun, efek pembersihan ini juga dapat menyebabkan warna Anda memudar," tambahnya.

(Baca juga: Trik Merawat Rambut Keriting)


(Foto: Averie Woodward/Unsplash.com)

2. Potong rambut secara rutin
Memotong rambut secara teratur penting untuk semua orang, terlebih lagi bagi mereka yang sering mewarnai rambut mereka. "Memiliki jadwal potong rambut secara rutin merupakan hal yang penting untuk memastikan kerusakan dari ujung rambut Anda tidak menyebar," kata Smith. Memotong bagian yang kusam dan rusak akan memberi Anda tampilan yang lebih cerah dan lebih segar.

3. Lakukan pewarnaan semi permanen
"Warna rambut semi permanen dapat digunakan untuk menyegarkan warna rambut yang sudah pudar dan menambahkan kilau kembali ke rambut," kata Smith.

"Hal ini hampir tidak menyebabkan kerusakan karena tidak membuat perubahan kimiawi pada struktur rambut, hanya menambah dorongan warna." Cara lain untuk menjaga warna rambut Anda tetap cerah adalah dengan menggunakan sampo dan kondisioner penambah warna.

4. Membersihkan rambut dengan benar
"Saya juga selalu memberi tahu klien saya bahwa mereka harus benar-benar hanya memfokuskan sampo pada akar rambut dan usahakan tidak mencucinya terlalu berlebihan pada ujung rambut."

"Ini akan membantu warna rambut bertahan lebih lama dan menjaga agar ujung rambut Anda lebih baik. Sedangkan ketika memakai kondisioner harus kebalikannya, dengan lebih fokus ke ujung rambut Anda," jelas Smith.




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi