Meniran dan jahe merah termasuk sebagai salah satu hebal imunomodulator bagi tubuh Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Meniran dan jahe merah termasuk sebagai salah satu hebal imunomodulator bagi tubuh Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Herbal-herbal yang Dapat Menjaga Sistem Imun Anda

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 04 Agustus 2020 18:26
Jakarta: Sistem imun yang kuat adalah hal penting yang perlu dimiliki setiap orang di tengah pandemi covid-19 ini. Untuk menjaganya, Anda bisa coba mengonsumsi herbal-herbal imunomodulator.
 
“Imunomodulator sendiri adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif. Hal ini dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu,” ujar dr. Inggrid Tania, M.Si dalam Webinar Fatigon Promuno.

Herbal-herbal imunomodulator yang dimaksud seperti:

1. Echinacea

Echinacea bersifat imunostimulasi (dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun) kuat. Ini mampu mempercepat penyembuhan salesma dan infeksi saluran pernapasan atas. Dr. Inggrid mengungkapkan bahwa Anda bisa menggunakan herbal ini maksimal selama 8-16 minggu berturut-turut.

2. Meniran

Meniran juga bersifat imunostimulasi kuat. Menurutnya meniran bisa mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air dan aman untuk pemakaian jangka panjang.

3. Jahe merah

Jahe merah bersifat imunostimulasi dan antiradang. Jahe merah bisa meredakan juga bersifat antiradang batuk dan gangguan pencernaan. Anda bisa menggunakannya untuk pemakaian jangka panjang.

4. Sambiloto

Sambiloto bersifat imunostimulasi dan antivirus. Ini bisa menurunkan demam dan Anda juga bisa menggunakannya untuk jangka panjang.

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif