Ilustrasi--(foto:thefacialfitness.com)
Ilustrasi--(foto:thefacialfitness.com)

5 Kebiasaan yang Menghalau Tumbuh Kembang Jerawat

Rona jerawat
Dhaifurrakhman Abas • 22 Agustus 2019 12:41
Memberantas jerawat di wajah sebetulnya cukup mudah dilakukan tanpa harus mengeluarkan duit 'segunung'. Ada sejumlah tips, agar wajah Anda tak berjerawat. Salah satunya yaitu rmemulai kebiasaan untuk cuci wajah dua kali sehari.
 

Jakarta: Kulit wajah kusam berjerawat barangkali menjadi bencana bagi sebagian orang. Sebab hal ini dapat mengganggu penampilan dan bikin tidak percaya diri.
 
Melansir Times of India, ahli kulit menyebut bahwa jerawat seringkali terjadi karena berbagai faktor. Ini termasuk kulit wajah memproduksi terlalu banyak minyak, pori-pori wajah tersumbat, penumpukan sel-sel kulit mati, serta adanya bakteri di dalam pori-pori.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun jangan risau. Memberantas jerawat di wajah sebetulnya cukup mudah dilakukan tanpa harus mengeluarkan duit segunung. Asalkan Anda rutin melakukan lima kiat dari Times of India berikut ini:
 
1. Cuci wajah dua kali sehari
 
Gunakan pembersih ringan dan air hangat untuk membersihkan wahah Anda sebanyak dua kali sehari. Hindari mencuci wajah secara berlebihan. Sebab hal ini bisa mengeringkan kulit wajah dan mengagregasi jerawat jika sudah ada.
 
2. Membersihkan benda yang tersentuh wajah
 
Pastikan Anda srlalu membersihkan semua benda yang bersentuhan dengan wajah Anda secara teratur. Daftar benda ini termasuk bantal, jendela, kuas make-up dan layar ponsel Anda.
 
3. Menghindari scrubs dan spons
 
Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, ada baiknya Anda menghindari penggunaan scrub dan spons. Tetap memaksa menggunakan benda tersebut hanya akan memperparah kondisi jerawat Anda.
 
4  Perhatikan kebersihan rambut
 
Cuci rambut Anda secara teratur. Hal ini untuk memastikan Anda membuang sisa minyak di rambut yang menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.
 
Pastikan juga produk-produk seperti gel rambut dan semprotan tidak bersentuhan langsung dengan wajah Anda. Karena hal merupakan sumber invasi jerawat yabg menumpuk di wajah.
 
5. Melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari
 
Penting untuk melindungi kulit Anda dari paparan langsung sinar matahari. Sebab itu, Anda disarankan menggunalan tabir surya agar tak terkena paparan sinar matahari langsung.
 
Namun, pastikan selalu menggunakan tabir surya yang bebas minyak. Karena minyak yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan jerawat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif