Kayu manis mengandung antioksidan yang tinggi (Foto: Marefee/Pexels)
Kayu manis mengandung antioksidan yang tinggi (Foto: Marefee/Pexels)

5 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 10 Juli 2019 17:53
Kayu manis adalah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Meski begitu, tersimpan banyak manfaat di dalamnya. Terutama untuk kesehatan.
 
Jakarta: Kayu manis biasanya banyak digunakan untuk ditambahkan pada berbagai resep masakan dan hidangan. Ada banyak alasan untuk menambahkan kayu manis pada hidangan Anda, terlepas dari kegunaannya untuk meningkatkan rasa dan aroma hidangan.
 
Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan:

1. Kayu manis dapat mengurangi inflamasi

Beberapa studi menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam kayu manis dapat berfungsi sebagai anti inflamasi. Hillary Cecere, MS, RDN, ahli diet terdaftar dari Eat Clean Bro menambahkan bahwa, kayu manis juga bermanfaat untuk mengurangi sakit, nyeri otot, dan bengkak.

2. Kayu manis dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Malina Malkani, MS, RDN, CDN, mengatakan bahwa kayu manis dapat memengaruhi faktor risiko yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi 120 mg kayu manis per hari dapat meningkatkan kolestrol LDL, tingkat trigliserida, dan kolestrol total," kata Cecere.
 
Studi lain menemukan bahwa, orang dengan diet tinggi rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit yang makan makanan berlemak bisa mengalami penurunan kadar trigliserida.

3. Kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin

Penelitian telah menunjukkan adanya perbaikan dalam kontrol glikemik dengan mengonsumsi kayu manis pada penderita diabetes. Kayu manis tidak hanya mengurangi gula darah tetapi juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.
 
"Makan kayu manis dengan makanan tinggi karbohidrat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, " kata Cecere.

4. Kayu manis baik untuk melawan infeksi

Menurut Cecere, minyak kayu manis memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membantu melawan infeksi.
 
Sementara itu pendapat kayu manis bermanfaat melawan infeksi juga datang dari Alyssa Pike, RD, manajer komunikasi nutrisi di International Food Information Council. Ia membeberkan bahwa kayu manis adalah salah satu komponen aktif utama rempah-rempah yang melindungi terhadap infeksi.

5. Kayu manis baik untuk kesehatan mulut

Berkat efek antimikroba dari kayu manis, rempah-rempah ini sangat baik untuk kesehatan mulut Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis sangat bagus untuk mencegah kerusakan gigi dan bau mulut. Kayu manis bisa menjadi pilihan alami untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda.
 
Tips Menjaga Kesehatan Jantung

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif