Jada Shapiro, seorang ahli kebidanan memberikan tips nyaman menyusui di lingkungan publik. (Foto: Pexels.com)
Jada Shapiro, seorang ahli kebidanan memberikan tips nyaman menyusui di lingkungan publik. (Foto: Pexels.com)

Tips Nyaman Menyusui di Ruang Publik

Rona gaya tips menyusui
Raka Lestari • 15 Oktober 2019 13:25
Jakarta: Menyusui di ruang publik bisa menjadi salah satu tantangan bagi para ibu. Menutupi bayi dengan kain ketika menyusui bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Akan tetapi, hal itu tentunya akan sangat sulit jika bayi Anda tidak merasa nyaman jika harus ditutupi selama diberikan ASI.
 
Jada Shapiro, seorang ahli kebidanan tidak menyarankan ibu untuk "menutupi" bayinya saat menyusi karena menurutnya bayi juga memiliki hak yang sama seperti orang dewasa untuk makan secara bebas.
Untuk itu, ia memberikan tips agar para ibu merasa nyaman menyusui di ruang publik seperti berikut ini:

1. Coba berlatih dengan baju yang tepat

"Cobalah untuk berlatih di rumah terlebih dahulu. Jika Anda merasa khawatir menyusui di ruang publik, cobalah melakukan uji coba di dapur," ujar Shapiro. "Luangkan waktu Anda untuk mencari tahu bagaimana menyusui bayi ketika Anda sedang tidak berada di kursi khusus untuk menyusui. Perhatikan juga cara membuka baju dan bra yang tepat saat menyusui agar Anda merasa nyaman."
 
Tips Nyaman Menyusui di Ruang Publik
(Menyusui si kecil yang nyaman bisa Anda coba dan kenakan pakaian yang tepat agar Anda tahu apa yang perlu dilakukan ketika menyusui si kecil di tempat umum. Foto: Pexels.com)

2. Menyusui adalah hak Anda

"Pahami bahwa menyusui adalah hak Anda sebagai seorang ibu. Menyusui di tempat umum adalah hak Anda, dan di banyak tempat lainnya diperbolehkan untuk menyusui," kata Shapiro. "Jika Anda tidak yakin, Anda bisa mengetahuinya melalui Google untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang tidak diperbolehkan untuk menyusui."

3. Pilih pakaian yang tepat

Shapiro mengatakan bahwa sangat penting untuk memilih baju yang tepat. "Ada banyak sekali pilihan pakaian yang tepat di pasaran." Namun jika Anda tidak ingin menggunakan pakaian khusus menyusui, Shapiro memberikan saran "Menggunakan tank top dengan outer kesukaan Anda bisa dijadikan pilihan bagi Anda."

4. Cobalah untuk lebih santai

Shapiro memberikan satu saran mudah, namun juga bermanfaat. "Cobalah untuk mengabaikan distraksi atau hal-hal yang bisa mengganggu Anda ketika sedang menyusui. Perlu diingat bahwa Anda sedang memberikan bayi Anda dan itu merupakan hak Anda." Jika Anda merasa tidak nyaman atau terganggu dengan tatapan orang-orang di sekitar Anda ingatlah untuk tidak memedulikannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif