Tanda-tanda Keguguran pada Trimester Pertama dan Kedua Kehamilan

Torie Natalova 22 Oktober 2018 15:18 WIB
kehamilan
Tanda-tanda Keguguran pada Trimester Pertama dan Kedua Kehamilan
(Foto: New Kids Center)
Jakarta: Keguguran jadi hal yang ditakuti ibu hamil, terlebih mereka yang baru hamil untuk pertama kalinya. Keguguran seringkali meninggalkan duka emosional dan fisik yang intens.

Sekitar 10-15 persen wanita hamil mengalami keguguran. Namun, angka tersebut bisa jadi lebih besar karena banyak yang tidak menyadari bahwa mereka hamil hingga akhirnya keguguran.

Keguguran umumnya rentan terjadi dalam 20 minggu pertama kehamilan. Sekitar setengah dari keguguran yang dialami wanita terjadi karena jumlah kromosom yang tidak normal dalam embrio. Penyebab potensial lainnya bisa karena masalah rahim atau infeksi. 


Beberapa wanita yang berpotensi lebih besar mengalami keguguran yakni mereka yang berusia lebih dari 35 tahun, memiliki riwayat 2 kali keguguran, menggunakan narkoba atau alkohol, dan terpapar bahan kimia berbahaya.

Adapun beberapa gejala keguguran berdasarkan usia kehamilannya sebagai berikut.

Minggu 2-4

Dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan, kebanyakan wanita tidak tahu dirinya hamil. Keguguran selama periode awal ini sering disebut sebagai kehamilan kimia. Ini sering disalahartikan sebagai siklus menstruasi teratur yang mungkin datang lebih awal atau lambat dari yang diperkiran, dengan gejala perdarahan dan kram yang sama.

Minggu 4-12

Selama trimester pertama kehamilan, gejala keguguran tetap sama yakni perdarahan yang bervariasi, mulai dari bercak merah hingga perdarahan berat. Warna darah dapat berupa kecoklatan, merah muda, atau merah terang dan gelap, serta beberapa gumpalan. Selain itu, Anda juga mungkin merasakan kram di perut atau daerah panggul serta sakit punggung bawah.

Minggu 12-20

Setelah Anda memasuki trimester kedua, gejala keguguran bisa termasuk tekanan panggul dan keputihan berlendir. Gejala lain yang sama yakni perdarahan dan kram.

Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id