Makan berbagai macam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Buah, sayur, dan biji-bijian mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan, yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. (Ilustrasi/Pexels)
Makan berbagai macam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Buah, sayur, dan biji-bijian mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan, yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Rona kanker
Kumara Anggita • 01 September 2020 16:04
Jakarta: Tak disangka, tahun ini kita harus kehilangan artis Black Panther, Chadwick Boseman. Ia meninggal karena mengidap penyakit kanker usus besar.
 
Tentunya hal ini buat kita semua patah hati dan tak mau kejadian serupa terulang lagi. Untuk itu, kita harus mengenal penyakit ini dan melakukan pencegahan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
 
Dikutip dari Mayoclinic, kanker usus besar adalah jenis kanker yang dimulai di usus besar. Ini bisa terjadi di siapa saja namun lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biasanya ini dimulai dari gumpalan sel kecil non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Seiring waktu, beberapa polip ini bisa menjadi kanker usus besar.
 
Polip ini menghasilakan gejala yang tidak begitu mudah disadari penderita. Untuk alasan ini, dokter merekomendasikan tes skrining rutin untuk membantu mencegah kanker usus besar dengan mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Pencegahan

Skrinning kanker usus besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kanker ini tidak mudah dideteksi dari gejala. Dokter merekomendasikan bahwa orang yang berisiko seperti sudah berusia 50 tahunan untuk mempertimbangkan skrinning kanker usus besar.

Perubahan gaya hidup

Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko kanker usus besar dengan membuat perubahan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Lakukan langkah-langkah berikut:

1. Makan buah dan sayur

Makan berbagai macam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Buah, sayur, dan biji-bijian mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan, yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. Pilihlah berbagai buah dan sayuran agar Anda mendapatkan berbagai vitamin dan nutrisi.

2. Kurangi minum alkohol

Minumlah alkohol dalam jumlah sedang. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, batasi jumlah alkohol yang Anda minum tidak lebih dari satu gelas sehari untuk perempuan dan dua gelas untuk laki-laki.

3. Berhenti merokok

Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara berhenti yang mungkin berhasil untuk Anda.

4. Olahraga

Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu. Usahakan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Jika Anda sudah tidak aktif, mulailah perlahan dan tingkatkan secara bertahap hingga 30 menit. Juga, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga apa pun.

5. Jaga berat badan yang sehat

Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, usahakan untuk menjaga berat badan Anda dengan menggabungkan pola makan sehat dengan olahraga setiap hari. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tanyakan kepada dokter Anda tentang cara sehat untuk mencapai tujuan tersebut. Lakukan penurunan berat badan secara perlahan dengan meningkatkan jumlah olahraga yang Anda lakukan dan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif