Ketika akan sekantor lagi dengan teman kerja, perhatikan hal berikut karena beberapa bulan hampir semua orang berjalan dengan waspada secara terus-menerus. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ketika akan sekantor lagi dengan teman kerja, perhatikan hal berikut karena beberapa bulan hampir semua orang berjalan dengan waspada secara terus-menerus. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Cara Menghadapi Teman Kantor Setelah Pandemi Usai

Rona tips & trik covid-19 pandemi
Raka Lestari • 20 Mei 2020 22:06
Jakarta: Setelah pandemi usai, beberapa orang mungkin ada yang sudah kembali ke tempat kerja mereka. Dan tentunya, setelah adanya pandemi covid-19 seperti sekarang ini akan terjadi berbagai perubahan baik pada kebiasaan ketika bekerja atau teman-teman kantor.
 
“Pandemi ini membuat banyak orang harus melakukan survival mode. Mereka mungkin mengalami kecemasan mengenai situasi dan kondisi yang tidak menentu."
 
"Hal ini dapat membuat orang memikirkan berbagai skenario terburuk, yang dapat meningkatkan ketegangan baik pada diri mereka sendiri, keluarga, dan pekerjaan,” ujar Dr Monica Borschel, seorang psikolog klinis di Hong Kong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan bahwa ketika seseorang berada pada survival mode, maka seseorang tersebut akan bertindak tidak seperti biasanya. 
 
“Ketika mereka percaya bahwa hal yang memicu kecemasan mereka tersebut menakutkan, maka akan berefek juga pada orang lain. Dan biasanya, hal ini terjadi secara tidak sadar,” katanya.
 
Orang-orang memiliki cara dan cara bertahan hidup yang berbeda, dan sistem saraf setiap orang juga bekerja secara berbeda. 
 
“Beberapa orang mungkin merasa bahwa teman sekantor mereka terlalu menghakimi berat badan mereka dan menganggap hal itu sebagai ancaman. Beberapa orang lainnya mungkin merasa tidak diapresiasi dan diremehkan. Dinamika ini dapat menyebabkan kesalahpahaman dan konflik,” ujar Dr Borschel.
 
“Ketika seseorang mengalami kelelahan secara emosional, mereka mungkin merasa tidak memiliki kemampuan emosional untuk mendengar perasaan atau kebutuhan orang lain," ucapnya.
 
"Dengan mengingat hal itu, penting untuk berpikir terlebih dahulu sebelum menceritakan sesuatu kepada teman kantor Anda,” kata Dr Borschel.
 
Ia juga menambahkan bahwa ketika Anda merasa lelah, sangat normal untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda merasa santai dan meminta waktu untuk sendiri.
 
”Ketika Anda cukup beristirahat dan lebih santai, maka akan lebih mudah untuk menghadapi sikap teman kantor Anda dan tidak terlalu mempermasalahkannya,” kata Dr Borschel.
 
“Dan jika Anda merasa bahwa teman kantor Anda berperilaku beda dari biasanya, misalnya saja mereka berbicara kasar atau bersikap lebih egois, Anda bisa lebih santai megnhadapi mereka. Anda juga bisa menanyakan kepada mereka apakah ada yang bisa Anda bantu untuk mereka agar bisa merasa lebih nyaman,” tutup Dr Borschel.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif