Alasan Manusia Takut Terhadap Perubahan

Raka Lestari 15 November 2018 17:14 WIB
psikologi
Alasan Manusia Takut Terhadap Perubahan
Pada dasarnya ada dua jenis ketakutan pada manusia ketika terjadi perubahan. Berikut ini informasi lebih lanjutnya. (Foto: Ernest Brillo/Unsplash.com)
Jakarta: Perubahan dalam hidup terkadang membuat seseorang merasa takut. Entah itu perubahan dalam karier, kehidupan, atau bahkan masalah percintaan.

Namun sebenarnya perubahan dalam hidup bukanlah sesuatu hal yang menakutkan dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perubahan-perubahan tersebut, terutama perubahan besar dalam hidup Anda bisa dihadapi dengan lebih mudah.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Organizational Behavior dan Human Decision Processes, menemukan bahwa kebanyakan orang cenderung berpikir perubahan kecil lebih mudah dinavigasi daripada tidak ada perubahan sama sekali.


Bagaimanapun, perubahan sering dibicarakan dalam cara yang menakutkan dan mengintimidasi.  Namun, otak Anda tampaknya berpikir sebaliknya, menurut penelitian tersebut.

(Baca juga: 6 Perubahan Kecil untuk Menunjang Karier pada 2018)


(Sebenarnya perubahan dalam hidup bukanlah sesuatu hal yang menakutkan dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perubahan-perubahan tersebut. Foto: Umit Bulut/Unsplash.com)

Jika Anda memiliki perubahan besar dalam kehidupan Anda, misalnya pindah ke kota baru, rumah baru, pekerjaan baru, apa pun itu, atau bahkan jika Anda ingin mempersiapkan diri dalam kehidupuan yang baru, pada dasarnya ada dua jenis ketakutan ketika terjadi perubahan, menurut Eric Ruffing, MA, AMFT, seorang terapis keluarga dan pernikahan dari Amerika Serikat.

Yang pertama adalah dengan mengetahui adanya perubahan dalam hidup, itu dapat membuat Anda merasa lebih tenang.

Namun jika perbahan terjadi secara tiba-tiba biasanya Anda akan merasa tidak siap sehingga lebih sulit menerimanya.

"Ketika mendengar kata perubahan, kita cenderung berpikiran negatif dan berprasangka buruk sehingga otak kita akan lebih protektif yang membuat kita khawatir bahwa kita akan kehilangan sesuatu dan berakhir lebih buruk daripada yang sudah dimulai," jelas pelatih kepemimpinan dan ahli manajemen perubahan Lisa Sansom.

"Hal-hal yang tidak diketahui sebagai hasil dari perubahan bisa menakutkan karena kita takut akan ada kesengsaraan di depan kita."

Ia juga mengatakan, "Ingatlah bahwa Anda telah berhasil melewati sejumlah perubahan besar dalam hidup Anda. Bahkan dengan lahir ke dunia, di mana semuanya lebih rumit, secara teknis juga merupakan perubahan besar yang berhasil Anda alami."

Selain itu, Anda juga perlu mengingat bahwa perubahan adalah bagian yang harus dilalui oleh manusia.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id