ilustrasi-thehealthy.
ilustrasi-thehealthy.

Ini Manfaat Licorice untuk Kesehatan

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 05 Oktober 2019 10:05
Jakarta: Licorice atau akar manis biasanya sering digunakan sebagai bahan untuk membuat permen kenyal atau permen karet. Namun sebenarnya licorice adalah ramuan yang mengandung banyak senyawa bioaktif, yang paling menonjol adalah asam glycyrrhizic. 
 
Licorice telah digunakan selama berabad-abad untuk obat, dan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk ekstrak licorice, bubuk, dan teh. Berikut manfaat licorice bagi kesehatan, seperti dilansir thehealthy:
 
Licorice menenangkan perut Anda

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Licorice sering digunakan untuk gejala GI seperti mulas, radang lambung, radang usus, dan gastritis atau peradangan selaput lambung atau saluran pencernaan bagian atas," kata Julie Upton, MS, RD.
 
Licorice merupakan anti-inflamasi yang menenangkan, sehingga dapat membantu melindungi terhadap gangguan ulseratif. Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam jurnal Element-based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa deglycyrrhizinated licorice (DGL) adalah alternatif yang aman dan efektif untuk obat maag perut yang dijual bebas.
 
Licorice dapat membantu melawan stres
 
Jika Anda sering merasa mudah sekali mengalami stres, akar licorice mungkin dapat membantu Anda. Dalam jurnal medis yang diterbitkan dalam Molecular and Cellular Endocrinology, ramuan akar licorice tersebut ditemukan dapat membantu tubuh lebih efisien mengatur hormon yang dapat menyebabkan stres yaitu hormon kortisol.
 
Licorice meningkatkan kesehatan pernapasan
 
"Licorice dapat digunakan untuk perawatan masalah pernapasan parah, termasuk batuk, sakit tenggorokan, asma, dan bronkitis," kata Rebecca Park, RN, pendiri situs web remediesforme.com.
 
Licorice tidak hanya dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh bakteri, tetapi juga dapat membantu menghilangkan lendir dari paru-paru dan membantu meredakan kejang bronkial.
 
Licorice bagus untuk kulit 
 
"Licorice bermanfaat bagi kulit ketika digunakan secara internal dan eksternal," kata Park. "Ini membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, peradangan, kulit terbakar, kemerahan kulit yang persisten, dan kaki atlet." Ekstrak licorice dapat digunakan dalam menghilangkan pembengkakan dan kulit gatal.
 
Licorice bagus untuk kesehatan gigi
 
Ramuan licorice juga dapat membantu kesehatan gigi dan gusi Anda. Satu studi dari Journal of Natural Products menemukan bahwa akar licorice mengandung dua senyawa antibakteri yang efektif yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berhubungan dengan gigi berlubang dan penyakit gusi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif