Berikut adalah delapan cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keriput. (Foto: Pexels.com)
Berikut adalah delapan cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keriput. (Foto: Pexels.com)

7 Cara Genius untuk Mencegah Kerutan Saat Tidur

Rona tips cegah kerutan saat tidur
Timi Trieska Dara • 19 Agustus 2019 19:33
Kerutan disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas yang mengurangi volume kulit. Ada pula yang mengatakan tidur telentang untuk kulit antikerut. Tapi, jika Anda tidak bisa tidur dengan nyaman dengan punggung (telentang), Anda masih bisa mencegah kerutan yang disebabkan oleh sarung bantal dengan meningkatkan dari bahan katun menjadi sutra atau satin.
 

 
Jakarta: Sering orang mengatakan: "saya butuh tidur nyenyak," saat merangkak ke tempat tidur untuk istirahat malam. Tidur yang cukup dan berkualitas itu pun dapat memberi efek yang baik bagi kulit Anda di pagi hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa cara untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit dalam semalam. Tapi, sebelum itu, bukankah tidur menyebabkan keriput? Ya bisa. Menurut Debra Jaliman, MD, seorang ahli kulit yang berbasis di New York City dan penulis Skin Rules.
 
Tidur apapun caranya membuat wajah Anda bersentuhan dengan sarung bantal katun misalnya di satu sisi badan atau perut Anda yang dapat membuat garis tidur nyenyak di dahi dan pipi Anda.
 
Kerutan disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas yang mengurangi volume kulit. Tetapi memberikan tekanan berulang (seperti tidur dengan sisi wajah Anda di atas bantal) atau gerakan otot (seperti tertawa dan menyipitkan mata) terhadap kolagen akan menyebabkan kerusakan, yang pada akhirnya mengarah ke garis yang terlihat.
 
Berikut adalah tujuh cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keriput saat Anda beristirahat.

1. Tidur telentang

Dr Jaliman mengatakan tidur tengkurap atau miring berarti ada tekanan konstan pada wajah Anda. Seiring waktu, tindakan ini akan menghasilkan garis tidur yang tidak diinginkan. Anda dapat memperbaiki ini dengan tidur telentang.
 
Dengan cara ini Anda tidak akan memberikan tekanan pada wajah Anda. Namun, bagi banyak orang, ini mungkin tidak nyaman, dan Anda tidak dapat mengendalikan gerakan tidur tanpa sadar yang membawa Anda ke posisi samping atau perut. Tapi, Anda bisa berlatih dan terbiasa dengan seiring waktu.

2. Tak terbiasa tidur telentang? Gunakan bantal khusus

Dr Jaliman merekomendasikan 'Bantal Malam' untuk tidur. "Ini memiliki banyak manfaat termasuk meminimalkan keriput, mendukung kulit bersih, dan membantu melembapkan sel-sel kulit Anda, yang membantu mencegah pembentukan garis-garis halus," katanya.
 
Jika Anda ingin tidur telentang, cobalah Nurse Jamie Beauty Bear Age Delay Pillow, yang merupakan bantal berkontur yang dirancang untuk mengurangi kontak muka dengan permukaan bantal, mengurangi garis tidur. Bantal yang saat ini sedang tren dipakai oleh banyak artis Hollywood seperti keluarga Kardashian, Jessica Alba, dan Rita Ora.
 
Ada juga pilihan teknologi yang lebih rendah bagi mereka yang ingin tidur telentang. Anda tahu bantal yang mereka jual di bandara sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman dalam penerbangan panjang? Anda dapat menggunakannya di tempat tidur juga. Bantal itu membuat tidur telentang lebih mudah tanpa akhirnya berguling ke samping Anda.
 
7 Cara Genius untuk Mencegah Kerutan Saat Tidur
(Nurse Jamie, pencipta bantal Nurse Jamie Beauty Bear Age Delay Pillow, yang saat ini sedang tren dipakai oleh banyak artis Hollywood seperti keluarga Kardashian, Jessica Alba, dan Rita Ora. Foto: Dok. Nurse Jamie Beauty Bear Age Delay Pillow)

3. Ganti sarung bantal Anda

Jika Anda tidak bisa tidur dengan nyaman dengan punggung (telentang), Anda masih bisa mencegah kerutan yang disebabkan oleh sarung bantal dengan meningkatkan dari bahan katun menjadi sutra atau satin.
 
"Dengan sarung bantal sutra, kulit Anda akan tergelincir di atas bantal," kata Dr Jaliman. Dengan kata lain, ada sedikit daya tarik dan wajah Anda tidak akan "berkerut" seperti halnya di bantal katun.

4. Coba retinol

Retinol mungkin menjadi alat paling ampuh dalam gudang senjata antipenuaan Anda. Turunan vitamin A mengajarkan kulit Anda untuk bertindak muda kembali dengan menstimulasi kolagen yang mencegah garis-garis halus.
 
Dermatologis secara konsisten merekomendasikan penggunaan krim terkuat yang dapat ditoleransi kulit Anda (yang mungkin memerlukan resep), tetapi ada banyak pilihan yang dijual bebas.
 
Merasa berbelanja secara berlebihan? Cobalah SkinMedica Age Defense Retinol Complex. Krim malam ini membantu melawan tanda-tanda penuaan tanpa mengiritasi kulit. Ekstrak kulit Magnolia menenangkan peradangan, menjadikannya bagus untuk kulit sensitif sekalipun.

5. Pakailah krim malam

Krim malam adalah lotion ultra-pelembap yang berat yang mungkin tidak bisa Anda kenakan di siang hari. Pilih satu yang mengandung asam hialuronat yang membantu mengencangkan kulit. Editor Health menyukai Garnier's Ultra-Lift Miracle Sleeping Cream.

6. Atau bumbui dengan bahan dapur ini

Anda mungkin sudah memiliki obat kerut alami di dapur Anda, antara lain: minyak kelapa. Kate Hudson mengungkapkan di Instagram bahwa dia penggemar minyak kelapa, dan ahli dermatologi mengatakan itu alternatif yang aman untuk losion tradisional.
 
Direktur makanan Health, Beth Lipton, bahkan mengganti krim malamnya dengan minyak kelapa selama seminggu dan senang dengan hasilnya. Ratakan jumlah seukuran kacang polong ke kulit Anda setiap malam setelah Anda mencuci wajah; taruhan terbaik Anda adalah minyak kelapa murni.
 
Bahan yang mengandung asam hialuronat dan yang mengandung retinol dan glukosa kompleks untuk secara nyata memudarkan kerutan dan mengobati tanda-tanda awal penuaan, sehingga Anda akan mendapatkan istirahat kecantikan terbaik Anda.

7. Dapatkan istirahat malam yang cukup

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi perlu jumlah tidur yang tepat diperlukan. "Penting untuk tidur tujuh hingga delapan jam semalam untuk meremajakan kulit," kata Dr Jaliman. "Itulah sebabnya disebut beauty sleep!"
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif