Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie menjelaskan soal apa hubungan sistem imun dengan psikis Anda. (Foto: Pexels.com)
Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie menjelaskan soal apa hubungan sistem imun dengan psikis Anda. (Foto: Pexels.com)

Imunitas Tubuh Berpengaruh Juga pada Psikis Seseorang

Rona kesehatan psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 23 September 2020 16:30
Jakarta: Pernahkah Anda merasa ketika kondisi badan sedang tidak bugar maka perasaan pun menjadi tidak nyaman? Kemudian Anda jadi merasa malas untuk bersosialisasi. 
 
Melansir dari akun resmi Instagram Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi @efni_qo, ternyata, hal itu ada kaitannya dengan sistem imun Anda.
 
Terutama pada masa pandemi seperti sekarang, imunitas tubuh tidak hanya sekedar untuk mencegah penyakit, namun berpengaruh pada kondisi psikis seseorang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika sistem imun tubuh dirawat, maka neurotransmitter dopamine akan stabil. Hal ini membuat kemampuan berpikir menjadi lebih baik dan mood lebih stabil, tentunya dengan keadaan itu, Anda akan lebih siap untuk bergaul.
 
Tidak hanya itu, menurut Psikolog Efnie saat imunitas terjaga, Anda juga lebih mampu berempati dan mencintai.
 
Perlu diketahui, menjaga sistem imun tidak hanya dengan menerapkan pola hidup sehat. Ada hal lain yang dapat menurunkan imunitas tubuh, yaitu saat Anda memiliki banyak 'impian' atau 'keinginan', namun hal tersebut belum bisa tercapai.
 
Untuk mengatasinya, buatlah rencana hidup yang wajar dan bersabarlah dalam proses meraihnya.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif