Ini Alasan Cokelat Hitam Dapat Pengaruhi Kehamilan (Foto: gettyimages)
Ini Alasan Cokelat Hitam Dapat Pengaruhi Kehamilan (Foto: gettyimages)

Ini Alasan Cokelat Hitam Dapat Pengaruhi Kehamilan

Rona kehamilan cokelat
Torie Natalova • 28 Juli 2019 16:20
Jakarta: Sangat penting untuk mengonsumsi makanan penuh nutrisi saat hamil. Asupan makanan juga harus dijaga agar bayi dalam kandungan tumbuh dan berkembang sehat.
 
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan mentah karena berisiko menyebarkan bakteri ke dalam janin. Selain makanan mentah, ada beberapa jenis makanan yang ternyata tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil.
 
1. Cokelat hitam atau dark chocolate

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perhatikan berapa banyak Anda makan cokelat hitam karena biji kakao dikemas dengan kafein. Cokelat hitam juga mengandung persentase padatan kako yang lebih besar daripada susu atau cokelat putih. Kafein dapat melintas ke dalam darah bayi dan jika berlebih dapat mengganggu perkembangannya, seperti berat badan lahir rendah.
 
2. Jus segar
 
Jus yang baru diperas terdengar menyehatkan untuk ibu dan bayi. Namun sebaiknya tidak membeli jus langsung dari petani karena jus mungkin tidak dipasteurisasi sehingga bakteri seperti salmonella dan E.coli dapat tetap hidup dan masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya, beli buah yang bersih dan lebih baik lagi mengonsumsi buah utuh.
 
3. Adonan kue mentah
 
Adonan kue mentah mengandung telur mentah yang bisa mengandung bakteri salmonella. Bakteri ini dapat melewati plasenta dan dalam beberapa kasus dapat sebabkan keguguran, persalinan prematur dan kematian dalam kandungan juga masalah kehamilan lain.
 
4. Tuna kaleng
 
Tuna adalah sumber protein tanpa lemak yang mengandung kadar merkuri tinggi. Ini dapat mempengaruhi otak bayi dan perkembangan sistem sarafnya. Batasi konsumsi tuna maksimal dua kaleng atau satu ikan tuna segar dalam seminggu.
 
5. Kecambah mentah
 
Hindari segala jenis kecambah mentah karena mereka dapat menyebabkan keracunan makanan dan komplikasi selama kehamilan. Selalu masak kecambah agar aman dikonsumsi selama hamil karena bakteri seperti listeria air yang tersisa setelah dicuci tidak terbunuh jika kecambah dikonsumsi mentah.
 
6. Lidah buaya
 
Lidah buaya kaya akan nutrisi dan serat sehingga baik untuk usus Anda. Tetapi, di sisi lain lidah buaya dapat bertindak sebagai stimulan uterus yang dapat menyebabkan rahim wanita berkontraksi.
 
7. Minuman bersoda
 
Selain dari kafein, gula dan soda berlebihan dapat menyebabkan perut tidak nyaman. Minuman berkarbonasi juga dapat menyebabkan mulas dan refluks asam.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif