Tanda-tanda Kanker Kulit (Foto: istock)
Tanda-tanda Kanker Kulit (Foto: istock)

Tanda-tanda Kanker Kulit

Rona kanker kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Mei 2019 19:06
Jakarta: Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif, tetapi terkadang kita tidak mempedulikannya. Begitu sensitifnya, hingga kulit rentan terkena beragam jenis penyakit.
 
Perawatan yang tidak tepat pun berisiko menyebabkan kanker kulit. dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK, FINS-DV. menyatakan, kanker kulit memiliki beragam tanda-tanda. Mulai dari tanda-tanda yang mudah terlihat hingga yang tak kasat mata.
 
"Tetapi secara umum yang kita harus siap itu aware. Yang penting kita tahu itu tanda-tanda yang membuat curiga itu kanker dan kita segera periksakan," ujar dr. Litya kepada Medcom.id di Warung Ningrat, Jakarta Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kuncinya, Anda harus selalu memerharikan kondisi kulit Anda setiap saat. Tidak butuh waktu lama, Anda hanya butuh meluangkan waktu sekitar 5-10 menit. Hal ini tidak sulit, bukan?
 
Pertama, lihatlah kondisi kulit luar Anda. Apakah ada bercak berwarna hitam yang sekilas terlihat seperti tahi lalat atau tanda lahir?
 
"Jadi biasanya ada bercak seperti tahi lalat tapi dia membesar dengan cepat," tuturnya.
 
Tanda yang berbentuk seperti tahi lalat ini cukup unik. Keberadaannya tidak konsisten. Terkadang Anda melihatnya seperti tahi lalat, tapi beberapa waktu kemudian tidak mirip dengan tahi lalat.
 
"Mirip sekali tapi ternyata bukan. Terus jadi luka, jadi borok. Ada juga yang terus membesar dan berkembang dan menimbul," paparnya.
 
Ada juga jenis yang membesarnya lambat, akan tetapi bentuknya tidak beraturan. Maka, perhatikanlah jika muncul tanda yang bentuknya tidak beraturan.
 
"Kemudian tidak rata tepinya. Kalau tahi lalat kan rapi. Ada merahnya, warnanya tidak seragam," pungkas dr. Litya.
 
Tanda yang semakin membesar ini biasanya bisa terjadi dalam kurun waktu satu bulan. Kemudian, perlu diingat juga bahwa besar ukurannya tidak menentu untuk setiap orang.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif