Bagi Anda yang memercayai akan manfaat cuka apel bagi tubuh Anda, tetap perlu waspada karena ada beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi cuka apel berlebihan. (Foto: Pexels.com)
Bagi Anda yang memercayai akan manfaat cuka apel bagi tubuh Anda, tetap perlu waspada karena ada beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi cuka apel berlebihan. (Foto: Pexels.com)

Efek Samping Mengonsumsi Cuka Apel Berlebih

Rona kesehatan
Raka Lestari • 29 April 2019 17:05

Cuka sari apel, atau cuka sari, adalah cuka yang terbuat dari jus apel yang difermentasi, dan digunakan dalam dressing salad, bumbu rendaman, vinaigrettes, pengawet makanan, dan salam. 


 
Jakarta:
Cuka apel akhir-akhir ini terkenal akan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat cuka apel bagi tubuh Anda secara pasti. 
 
Dan bagi Anda yang memercayai akan manfaat cuka apel bagi tubuh Anda, tetap perlu waspada karena ada beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi cuka apel berlebihan, meskipun cuka apel dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 
 
Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa efek samping jika mengonsumsi cuka apel berlebihan:

1. Masalah pada gigi

Marily Oppezzo, PhD, MS, RD, dari Stanford Prevention Research Center mengatakan, "Karena cuka apel bersifat asam, maka minum cuka apel terlalu sering dapat menyebabkan erosi enamel gigi." 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melemahnya enamel gigi menyebabkan kerusakan yang kemudian menyebabkan gigi berlubang. Risiko tersebut sangat tinggi ketika Anda mengonsumsi cuka apel yang tidak dilarutkan. 
 
Salah satu cara untuk mengurangi efek samping pada gigi adalah dengan mengencerkan cuka apel dengan air atau bisa ditambahkan madu untuk menambah rasa.
 
Efek Samping Mengonsumsi Cuka Apel Berlebih
(Bagi Anda yang memercayai akan manfaat cuka apel bagi tubuh Anda, tetap perlu waspada karena ada beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi cuka apel berlebihan. Foto: Pexels.com)

2. Masalah pada perut

"Cuka apel dapat menunda proses pengosongan lambung," ujar Dr Oppezzo. Itu dapat menyebabkan kembung, mual, muntah, dan dapat menyebabkan penurunan gula darah yang berbahaya. 
 
Seseorang yang mengalami gastroparesis sebaiknya menghindari cuka apel. Sebuah studi pada orang sehat memang menunjukkan bahwa cuka apel dapat memperlambat pencernaan dan menurunkan gula darah, tetapi bagi penderita diabetes dan gastroparesis efek cuka apel bisa berbahaya.

3. Heartburn

Menurut Medical News Today, selain mual dan gangguan pencernaan mengonsumsi cuka apel berlebihan juga bisa memperburuk gejala pada penderita mag atau asam lambung. 
 
Salah satu cara untuk mengurangi efek samping potensial ini adalah mencairkan cuka apel dengan mencampurkannya ke dalam saus salad dan bumbu-bumbu. Anda juga dapat mengurangi gejala dengan mengonsumsi jumlah cuka apel yang lebih rendah.

4. Tingkat potasium yang rendah

Menurut WebMD, konsumsi cuka apel dapat menyebabkan kadar potasium Anda menurun terlalu rendah. Karena otot dan saraf Anda membutuhkan kalium agar berfungsi dengan baik, ini bisa menjadi masalah. 
 
Individu yang sehat harus mempertimbangkan kemungkinan efek samping ini ketika menambahkan cuka apel ke dalam makanan mereka dan ini bisa menjadi masalah yang lebih besar bagi individu dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif