Puasa bisa dilakukan oleh anak dari umur berapa saja, tergantung kesiapan sang anak. (Ilustrasi/Medcom.id.K. Yudha Wirakusuma)
Puasa bisa dilakukan oleh anak dari umur berapa saja, tergantung kesiapan sang anak. (Ilustrasi/Medcom.id.K. Yudha Wirakusuma)

Cara agar Anak Tidak Dehidrasi saat Puasa

Rona mengajarkan puasa dehidrasi
Kumara Anggita • 24 April 2020 06:04
Jakarta: Mengajarkan anak puasa untuk pertama kali bukanlah hal mudah. Salah tindakan, hasilnya anak bisa dehidrasi. Sesuatu yang tentunya para orang tua hindari.
 
Untuk menghindari hal ini terjadi,  dr. Cessar Pronocitro, SpA,MSc membagikan tips-tipsnya agar puasa anak bisa berjalan lebih lancar
 
Pertama, dia menjelaskan bahwa puasa bisa dilakukan oleh anak dari umur berapa saja, tergantung kesiapan sang anak. “Tidak ada aturan yang baku, namun anak sudah bisa diajak puasa mungkin sekitar umur 6 tahun,” jelasnya dalam acara Media Talkshow Online Peluncuran Aktivitas #BerjemurAsyik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila anak sudah merasa siap, Anda bisa memulai puasanya sebelum hari puasa datang. Tanpa tekanan, lihatlah kemampuan anak bertahan sampai sejauh mana. Lakukan secara bertahap.
 
“Untuk melatih kesiapannya , tentu jangan mendadak. tapi secara bertahap. Jadi beberapa hari sebelumnya mungkin sudah boleh dilatih dengan puasa durasi sebentar lalu pelan-pelan diperpanjang seiring dengan kemampuan si anak.,” ujarnya.
 
Dan yang paling penting, Anda harus memantau sang anak secara berkala. Jangan sampai anak dehidrasi.
 
“Memantau tanda-tanda dehidrasi. Apabila anak sudah tampak lemas kemudian matanya cekung, bibirnya mulai kering, frekuensi  buang air kecilnya sudah mulai bekrurang.  Jangan-jangan anak sudah dehidrasi,” ujarnya.
 
(YDH)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif