Sunscreen dibutuhkan untuk segala usia. Bahkan untuk anak-anak, meskipun kulit mereka masih terjaga kelembapannya. (Foto: Moose Photo/Pexels)
Sunscreen dibutuhkan untuk segala usia. Bahkan untuk anak-anak, meskipun kulit mereka masih terjaga kelembapannya. (Foto: Moose Photo/Pexels)

Pentingnya Penggunaan Sunscreen Sejak Dini

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 15 September 2019 09:10
Jakarta: Tabir surya atau sunscreen sangat penting dipakai oleh masyarakat Indonesia karena termasuk wilayah tropis. Terlebih untuk Anda yang beraktivitas di bawah terik matahari.
 
Sunscreen dibutuhkan untuk segala usia. Bahkan untuk anak-anak, meskipun kulit mereka masih terjaga kelembapannya. Sebab, semakin terpapar sinar matahari, kulit anak pun bisa semakin kering dan kusam.
 
"Yang paling penting itu tabir surya. Saya anjurin mulai usia anak-anak. Pakai sunscreen usia 20 tahun itu sudah terlambat," ujar dr. Susie Rendra, Sp. KK selaku Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah, kepada Medcom.id di Penang Bistro, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, jika usia Anda mencapai lebih dari kepala tiga dan baru mengenakan sunscreen, sangat terlambat untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu contoh, dr. Susie memaparkan, wanita paruh baya yang datang berkonsultasi ingin kulit yang awet muda seperti temannya.
 
Wanita paruh baya yang terlihat awet muda diyakini telah melakukan perawatan kulit sejak usia belia. Tidak perlu perawatan yang berat. Sederhananya, menggunakan sunscreen dan moisturizer sangat membantu.
 
"Sunscreen yang dijual bebas dengan adanya izin BPOM itu mayoritas ringan sifatnya. Prinsipnya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin. Tapi sesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit," tuturnya.
 
Apabila kulit cenderung normal dan kering, Anda bisa menggunakan sunscreen berbentuk krim, lotion, atau gel. Tapi, jika kulit Anda cenderung oily atau berminyak, pakailah sunscreen berbentuk gel atau lotion.
 
"Enggak ada dampak buruk sunscreen untuk anak, makanya ada produk sunscreen untuk bayi. Karena setiap orang yang terkena matahari dianjurkan untuk menggunakan sunscreen, tidak kenal usia," jelasnya.
 
Saat memilih sunscreen, perhatikan jumlah SPFnya dan sesuaikan dengan aktivitas Anda. Jika jarang bahkan tidak pernah keluar ruangan, cukup gunakan SPF 15. Tapi apabila Anda mengendarai kendaraan dan berada di luar ruangan, gunakan minimal SPF 30.
 
Tidak ada patokan untuk pemakaian normal SPF pada sunscreen, karena tergantung pada aktivitas Anda. Besaran SPF, kata dr. Susie, menandakan berapa lama sunscreen tersebut bisa memberikan perlindungan pada kulit Anda.
 
"Kalau SPF rendah harusnya sering diulang pemakaiannya. Melindungi diri pun bukan hanya dari sunscreen tapi juga pakai payung, topi, baju lengan panjang, sebagai perlindungan tambahan," papar dia.
 
Selain itu, konsumsi juga air minum yang banyak. Sebab, ketika kulit terkena panas matahari, maka menimbulkan keringat berlebih dan menjadi dehidrasi. Pada saat itu, kulit sangat membutuhkan cairan air putih yang cukup.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif