Tips Hindari Kanker Kulit (Foto: istock)
Tips Hindari Kanker Kulit (Foto: istock)

Tips Hindari Kanker Kulit

Rona tips kesehatan kanker kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Mei 2019 10:00
Jakarta: Kanker kulit merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Sebab, kulit berada di permukaan terluar tiap bagian tubuh dan mungkin Anda jarang merawatnya.
 
Kulit merupakan bagian tubuh yang sensitif. Segala macam zat yang masuk ke tubuh melalui kulit bisa berpengaruh buruk jika tidak bisa diterima kulit Anda.
 
Untuk menghindari kanker kulit, ketahuilah dulu fakta terkait kanker kulit. Penyebab kanker kulit bisa dari faktor genetik dan dari faktor lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Paparan matahari yang terus menerus atau lama, itu sangat berpengaruh (berisiko terkena kanker kulit). Makanya kanker kulit sering kita temukan di daerah yang tidak tertutup pakaian," ujar dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK, FINS-DV kepada Medcom.id di Warung Ningrat, Jakarta Utara.
 
Area yang sering kali terkena kanker kulit ialah bagian wajah. Bisa juga di area lain yang terpapar langsung sinar matahari, seperti leher dan lengan.
 
Untuk menangani kondisi tubuh yang telah terinfeksi kanker kulit, harus dioperasi. Tidak ada cara lain. Operasi dilakukan dengan dokter spesialis yang mengetahui betul penanganan yang tepat dan akurat.
 
Namun, untuk menghindarinya atau upaya melakukan pencegahan, bisa Anda terapkan. Upaya ini berkaitan dengan pola hidup Anda sedari dini.
 
"Pencegahannya dengan gaya hidup yang baik, diet seimbang, olahraga, memakai sunblock, hindari matahari. Itu bisa menjadi upaya pencegahan," tutur dr. Litya.
 
Pemakaian sunblock atau sunscreen pun harus menjadi perhatian khusus bagi Anda yang ingin menjaga kualitas kesehatan kulit. Pakailah sunblock yang memiliki SPF lebih tinggi dari 30, untuk Anda yang tinggal atau beraktivitas di area panas.
 
"Kalau di daerah tropis atau daerah kota saya sarankan minimum 30 SPFnya. Itu pun saat kita pakai sebenarnya harus tebal, benar-benar tebal. Sementara sehari-hari yang kita pakai biasanya tipis kan," paparnya.
 
Mungkin Anda termasuk pribadi yang menggunakan sunblock dengan SPF tinggi seperti 30 ke atas dan mengolesi ke kulit sedikit demi sedikit setiap pemakaian. Ketika memakai sunblock dengan tipis, tidak seluruhnya SPF 30 telah Anda pakai.
 
dr. Litya menjelaskan, kondisi itu hanya sekitar SPF 10 hingga SPF 15 yang Anda gunakan di kulit. Justru, setidaknya, Anda harus memakai sunblock sekitar satu garis pertama dari ujung kuku tangan Anda.
 
"Jadi benar-benar tebal, putih. Sebenarnya untuk di daerah kita yang cuacanya tidak terlalu panas kita tidak perlu pakai yang SPF 30. Kita juga hisa pakai sunblock yang SPF 50 tapi pakainya seperti biasa, tidak tebal," pungkas dia.
 
Satu hal yang perlu ditekankan, yakni tiap kulit memiliki kesesuaiannya masing-masing. Maka, zat yang dibutuhkan kulit Anda belum tentu sesuai atau layak atau cocok untuk kulit orang lain.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif