Penelitian: Omega-3 Cegah Kelahiran Prematur
Penelitian terbaru mengungkapkan manfaat dari omega-3 pada kandungan. (Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)
Jakarta: Penelitian terbaru mengungkapkan manfaat dari omega-3 pada kandungan. Asam lemak tersebut bisa mencegah kelahiran prematur. 

Studi yang dituangkan lewat Cohrane Review ini meneliti hampir 20.000 perempuan hamil. Mereka diberikan konsumsi suplemen yang mengandung omega-3 saat mencapai usia kandungan tertentu.

Hasilnya, konsumsi omega-3 mampu menurunkan resiko kelahiran prematur hingga 11 persen pada usia kandungan 37 minggu. Resiko kelahiran prematur juga berkurang hingga 42 persen ketika usia kandungan mendekati 34 minggu. 


Artinya, mengonsumsi omega-3 semakin baik dilakukan saat fase awal kehamilan. Hal itu semakin menurunkan resiko kelahiran prematur.

(Baca juga: Anak yang Lahir Prematur Cenderung Bandel, Mitos atau Fakta?)


(Penelitian terbaru mengungkapkan manfaat dari omega-3 pada kandungan. Asam lemak tersebut bisa mencegah kelahiran prematur. Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Selain itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa omega-3 mampu mengurangi resiko bayi lahir dengan berat rendah hingga mencapai 10 persen. Pula penurunan resiko kematian kandungan hingga 25 persen. 

Menurut Associate Professor dari South Australian Health and Medical Research Institute, Philippa Middleton, pencegahan kelahiran prematur memang masih sangat minim. 

Apalagi kelahiran prematur bertanggung jawab pada hampir 1 juta kematian pada balita di seluruh dunia. Sehingga, menurut Philippa, riset terbaru ini menjadi penemuan penting pada dunia medik, khususnya bagi ibu hamil dan janinnya.

"Kelahiran prematur masih sangat sulit dilihat penyebabnya. Namun setidaknya suplemen omega-3 bisa mencegah kemungkinan kelahiran prematur pada para ibu hamil," ujar Philippa.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id