Ada yang suka musik saat belajar. Ada pula yang justru terganggu. Pakar menjelaskan hal ini. (Foto: Pexels.com)
Ada yang suka musik saat belajar. Ada pula yang justru terganggu. Pakar menjelaskan hal ini. (Foto: Pexels.com)

Belajar Sambil Mendengarkan Lagu Tidak Efektif untuk Beberapa Orang

Rona psikologi
Kumara Anggita • 31 Juli 2020 18:33
Jakarta: Banyak orang menggunakan musik untuk belajar. Mereka menganggap bahwa cara ini akan memudahkan mereka dalam menyerap informasi yang ada. Namun, tak sedikit pula yang merasa bahwa cara ini justru merugikan proses belajar itu sendiri. Ini karena beberapa orang menganggap bahwa musik bisa mengalihkan perhatian.
 
Dikutip dari Healthline, bagian penting dari dampak buruk musik terletak pada kekuatannya untuk mengalihkan perhatian. Ketika Anda merasa sedih atau stres, mengalihkan perhatian Anda dengan lagu favorit Anda dapat membantu mengangkat semangat Anda.
 
Tetapi gangguan mungkin bukan yang Anda cari saat Anda perlu membaca buku. Jika Anda mencoba untuk membuat makalah panjang atau memecahkan persamaan kalkulus yang sulit, musik yang terlalu keras atau cepat dapat mengganggu pikiran Anda dan menghambat proses belajar Anda.

Musik dapat berdampak negatif pada memori kerja

Memori kerja mengacu pada informasi yang Anda gunakan untuk pemecahan masalah, pembelajaran, dan tugas kognitif lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda menggunakan memori saat mencoba mengingat:
- Item dalam daftar
- Langkah-langkah untuk memecahkan masalah matematika
- Urutan kejadian
 
Kebanyakan orang dapat bekerja dengan beberapa informasi sekaligus. Kapasitas memori yang tinggi berarti Anda dapat menangani lebih banyak material.
 
Namun, penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi kapasitas memori yang bekerja. Jika Anda sudah kesulitan memanipulasi banyak informasi, mendengarkan musik dapat membuat proses ini lebih menantang.

Musik dapat menurunkan pemahaman membaca Anda

Jenis musik tertentu, termasuk musik cepat, musik keras, dan musik dengan lirik, dapat membuatnya lebih sulit untuk memahami dan menyerap bahan bacaan. Ketika Anda sedang baca literatur atau buku biologi, lebih baik Anda gunakan musik klasik lembut dengan tempo lambat saja.

 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif