Ada alasan mengapa Anda sulit meminta maaf. Berikut ulasan dari Konseling Online Sahabatkariib. (Foto: Dok. Lina Trochez/Unsplash.com)
Ada alasan mengapa Anda sulit meminta maaf. Berikut ulasan dari Konseling Online Sahabatkariib. (Foto: Dok. Lina Trochez/Unsplash.com)

Kenapa Sih Orang Susah Minta Maaf?

Rona kesehatan psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 14 September 2020 18:19
Jakarta: Permintaan maaf adalah pengakuan bahwa Anda menyebabkan kerugian, kesusahan, atau ketidaknyamanan bagi seseorang. Dengan meminta maaf, Anda dapat mendapatkan pengampunan, menyelesaikan konflik, dan menjaga relasi dengan orang lain.
 
Kata 'maaf' terdengar sangat familiar bukan? Memang sejak kecil kita diajarkan untuk berani mengatakan "maaf" dan hendaknya cukup mudah untuk dilakukan orang dewasa, namun tampaknya sangat sulit bagi sebagian orang.
 
Melansir dari akun resmi Instagram Kariib, Konseling Online @sahabatkariib, seseorang yang sulit untuk meminta maaf, non-apologist, cenderung memberi banyak alasan dan penyangkalan ketika ia melakukan kesalahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guy Winch, seorang psikolog asal Amerika Serikat, menyebutkan beberapa alasan mengapa seseorang enggan untuk meminta maaf, yakni karena hal itu membuat mereka merasa seperti orang yang tidak baik.
 
Selain itu, orang yang enggan minta maaf khawatir akan tuduhan atau konflik lanjutan, misalnya tidak dimaafkan.
 
Kemudian, meminta maaf menimbulkan rasa bersalah dan malu, ketakutan untuk bertanggung jawab penuh atas kesalahan yang telah terjadi dan ketidaknyamanan menunjukkan sisi rentan dan kedekatan emosional dengan korbannya.

Bagaimana cara menghadapi teman yang tidak mau minta maaf?

1. Bicarakan masalah kalian secara langsung kepada teman Anda, jangan cuma dibahas di belakangnya saja
 
2. Utarakan kegelisahan Anda secara jujur dan beri tahu bagaimana perasaan Anda atas masalah tersebut
 
3. Gunakan 'I' statements, sehingga teman Anda dapat lebih memahami pandangan yang Anda miliki. Contohnya, "Aku merasa tersinggung karena kamu enggak pernah minta maaf perihal omonganmu kemarin. Aku ingin kamu minta maaf." Jangan katakan, "Kamu enggak pernah minta maaf."
 
Meminta maaf merupakan suatu bentuk kebiasaan, begitu pula dengan tidak meminta maaf. Oleh karena itu, Anda perlu ingat bahwa kebiasaan ini tidak dapat berubah hanya dalam semalam ya!

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif