Pada 5 pekan kehamilan, seorang calon ibu ada yang mengalami bekas merah muncul di bawah mata kanan dan di sebelah mulut. (Ilustrasi/Pexels).
Pada 5 pekan kehamilan, seorang calon ibu ada yang mengalami bekas merah muncul di bawah mata kanan dan di sebelah mulut. (Ilustrasi/Pexels).

5 Masalah Kulit Selama dan Setelah Kehamilan

Rona kehamilan
Timi Trieska Dara • 15 November 2019 17:05
Jakarta: Bagi wanita yang ingin memiliki kesempurnaan warna kulit, cukup mengejutkan ketika hormon menimbulkan kerusakan pada kulit selama dan setelah kehamilan. Spesialis kulit mempertimbangkan prosedur yang paling efektif dan aman untuk sejumlah masalah kulit mulai dari jerawat hingga melasma.
 
Disitat dari parents, pada 5 pekan kehamilan, seorang calon ibu ada yang mengalami bekas merah muncul di bawah mata kanan dan di sebelah mulut. Pada 7 pekan, bintik-bintik yang nyaris tidak ada menjadi gelap dan meluas menjadi bintik-bintik.
 
Pada akhir trimester pertama, bercak merah yang gatal, jelek, dan menutupi concealer mulai menyilang di dahi, dagu, dan dada. Di mana kehamilan yang bersinar? calon ibu yang digambarkan di majalah-majalah mengkilap-pastilah hasil dari airbrushing yang serius atau berkat genetik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berkat melonjaknya hormon, lebih dari 50 persen wanita hamil mengembangkan "topeng kehamilan", penggelapan pigmentasi di sekitar mulut, pipi, dan dahi yang juga dikenal sebagai melasma atau hiperpigmentasi, dan banyak juga muncul jerawat.
 
Keletihan dan retensi air dapat menyebabkan kantong di bawah mata, sementara peningkatan aliran darah dapat menyebabkan spider veins di wajah sekitar dua pertiga wanita hamil.
 
Perlu diingat bahwa wanita tidak boleh melakukan prosedur kosmetik yang dilakukan saat hamil atau menyusui, kata Leslie Baumann, M.D., seorang ahli dermatologi Miami dan penulis The Skin Type Solution, dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan yang tercantum di sini.
 
1. Melasma
 
Peningkatan kadar estrogen dan progesteron memicu melanosit, menyebabkan bintik-bintik hitam muncul di kulit.
 
Perawatan:
 
Harold Lancer, M.D., dokter spesialis untuk ibu selebritas West Coast, Denise Richards dan Lisa Rinna, percaya bahwa kunci untuk meminimalkan melasma setelah melahirkan adalah merapikan kulit.
 
"Jenis micropolishing yang saya lakukan, Lancer Glow ($1.500/$2.500 dengan laser), seperti menghilangkan noda dari perak," kata Dr. Lancer.
 
"Ini memoles, mengkilapkan, dan merona kulit pada wajah, leher, dan dada dengan kristal mikro-halus dengan kecepatan tinggi untuk mengelupas lapisan atas kulit dan meningkatkan pergantian sel tinggi." Seperti hampir semua operasi kosmetik dan non-invasif, perawatan ini tidak ditanggung oleh asuransi.
 
Ahli dermatologi yang berbasis di Chicago, Charles Zugerman, M.D., menangani melasma dengan serangkaian perawatan Postpartum Intense Pulsed Light (IPL) ($2.400 untuk 4 perawatan).
 
Energi cahaya, juga dikenal sebagai fotorejuvenasi, memberikan serangkaian getar noninvasif yang lembut ke kulit.  "IPL menyerap pada panjang gelombang yang sama dengan pigmentasi," kata Dr. Zugerman.
 
"Ini jauh lebih lembut daripada laser dan sangat efektif dalam merawat kondisi kulit yang timbul akibat kehamilan." Satu minggu setelah IPL, lakukan microdermabrasion ($100), perawatan pengelupasan kulit, untuk menghilangkan kulit mati.
 
Lisa Airan, MD, ahli kulit yang berbasis di Manhattan yang dikenal karena pendekatannya yang canggih terhadap masalah kulit yang disebabkan kehamilan, menasihati ibu-ibu baru yang telah selesai menyusui untuk menggunakan TriLuma (sekitar $99), krim steroid triple-action yang diresepkan yang mengandung resep zat pemutih hidrokuinon, bahan ampuh yang mengurangi pembentukan melanin dan akan mengurangi atau menghilangkan bercak-bercak hitam dalam waktu 8 minggu.
 
Solusi Over-the-Counter (bebas)
 
Untuk mencegah melasma, wanita harus menghindari sinar matahari di semua dampak baik saat hamil dan setelah melahirkan. "Eksposur - bahkan mengemudi di mobil atau duduk dengan naungan terbuka di pesawat terbang - dapat menggelapkan bintik-bintik yang ada atau merangsang hiperpigmentasi," jelas Dr. Airan.
 
Sinar ultraviolet matahari menyebabkan melanosit menghasilkan pigmen melanin, yang dapat menyebabkan melasma berkembang. Menyeka dengan tabir surya adalah cara sederhana dan nyaman untuk melindungi terhadap sinar ultraviolet.
 
Salah satu opsi yang tersedia adalah MD Skincare Sunscreen Pads dengan Vitamin C SPF 30 ($30). Mereka memberikan perlindungan UVA dan UVB dan memberi nutrisi pada kulit sensitif.
 
Untuk ibu baru yang sibuk yang tidak bisa ke dokter kulit segera setelah melahirkan, ada scrub lembut di rumah dan alat pemoles yang dirancang untuk meremajakan kulit yang rusak. Skin Effects by Dr. Jeffrey Dover Micro-Dermabrasion Kit ($30), dijual di toko obat, adalah perawatan di rumah yang terdiri dari dua langkah.
 
Ia menggunakan kristal pengelupasan untuk mengangkat sel kulit mati dan pelembab yang menghidrasi kulit yang baru saja muncul kembali. Produk dengan agen pemutih guna mengurangi area kulit yang gelap, tetapi ibu harus menunggu sampai selesai menyusui sebelum menggunakannya.
 
2. Dermatitis Nonspesifik
 
Perubahan hormon dapat menyebabkan bercak merah dan bersisik di wajah.
 
Perawatan:
Untuk melawan dermatitis, Dr. Lancer memilih perawatan baru yang disebut Terapi Oksigen TMT (Transcutaneous Mesodermic Transport) ($300-$400 per sesi). "Ia menggunakan arus listrik untuk mentransfer vitamin yang menenangkan, termasuk A, C, dan D, serta elastin dan kolagen, melalui permukaan kulit," jelasnya.
 
"Aku kemudian menutup kulit dengan kabut oksigen dan campuran air deionisasi. Air perlu dideionisasi karena mengurangi jumlah listrik di permukaan kulit, memungkinkan lebih banyak nutrisi untuk ditransfer seluruhnya." Dia merekomendasikan melakukan perawatan 2 kali per minggu selama 5 minggu dan kemudian seminggu sekali sesuai kebutuhan.
 
Solusi:
Dr Lancer menyarankan produk anti-inflamasi yang sangat menenangkan dan cocok untuk kulit sensitif. Losion pembersih yang bebas pewangi, noncomedogenik (tidak akan menyumbat pori-pori) adalah yang paling tidak mengiritasi dan paling menghidrasi.
 
Zugerman adalah penggemar berat Cetaphil Gentle Skin Cleanser ($6). Untuk perawatan spot atau mencegah area yang keriput dan kasar, coba krim kaya emolien seperti Dermalogica Super Rich Repair ($75). Ini dikemas dengan lipid alami seperti shea butter, minyak evening primrose, dan minyak biji jojoba, yang semuanya membantu memperkuat lapisan penghalang kulit.
 
"Produk yang diformulasikan untuk mengobati rosacea juga dapat efektif menyembuhkan dermatitis nonspesifik karena membantu mengatur aliran darah yang berlebihan," kata Dr. Lancer. Untuk penggunaan sehari-hari, pilih pelembab dengan perlindungan matahari untuk membantu mengurangi kerusakan lebih lanjut.
 
Eucerin Redness Relief Daily Perfecting Lotion ($15) tidak hanya mencakup SPF 15 tetapi juga memiliki warna hijau tipis untuk menyembunyikan bercak merah, serta ekstrak akar licorice untuk menyembuhkan mereka. Untuk flare-up yang lebih intens, cobalah perawatan anti-inflamasi seperti B. Kamins Chemist Booster Blue Rosacea Treatment ($67), krim topikal yang terlihat mengurangi kemerahan segera.
 
3. Angioma laba-laba
 
Karena perubahan hormon dan kemungkinan kenaikan berat badan, tekanan dalam pembuluh darah meningkat, menyebabkan pembuluh darah di wajah membesar, meninggalkan tanda merah, seperti laba-laba.
 
Perawatan:
Mungkin saja pembuluh bengkak membaik 3-6 bulan setelah melahirkan, tetapi untuk pembuluh darah laba-laba yang membandel, Dr. Airan menggunakan Laser Lyra (sekitar $750 per perawatan). Sinar laser dengan panjang gelombang 1.064-nanometer melewati kulit untuk memanaskan, membekukan, dan membasahi pembuluh darah yang ditargetkan, menghilangkannya dalam hitungan detik.
 
Zugerman menggunakan IPL setelah melahirkan untuk pembuluh darah yang lebih kecil ($600 per perawatan), dan untuk yang lebih besar, ia menggunakan laser 532- atau 940-diode ($200 atau lebih per perawatan).
 
Solusi:
Tidak ada krim topikal untuk menghilangkan spider veins di wajah, jadi taruhan terbaik adalah concealer dengan cakupan penuh yang luar biasa. Favorit di antara penata rias: Giorgio Armani Skin Retouch ($32). Krim padat menyamarkan ketidaksempurnaan yang paling gelap dan hadir dalam 7 warna. Biotherm Forget It ($14) adalah pilihan klasik lain dalam kategori ini karena itu adalah krim cair yang mudah diaplikasikan yang secara instan menutupi tanda yang tidak diinginkan.
 
Ini juga mengandung gliserin dan vitamin E untuk menghaluskan dan menutrisi kulit, menghasilkan cakupan yang lebih baik. Menerapkan concealer dengan kuas menghasilkan hasil akhir yang lebih rata dan terlihat alami.
 
4. Jerawat
 
Peningkatan kadar progesteron yang diproduksi oleh tubuh untuk mempertahankan lapisan uterus yang sehat selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan sekresi dari kelenjar minyak, penumpukan sebum, dan pori-pori yang tersumbat.
 
Perawatan:
Seorang ahli kecantikan yang terkenal karena mengobati jerawat dan kulit yang teriritasi dengan lini produk nabati-nya, Sonya Dakar dianggap sebagai "Ibu Peri Kulit" Hollywood oleh sejumlah artis terkenal seperti Gwyneth Paltrow, Debra Messing, dan Marcia Gay Harden.
 
"Untuk mengobati masalah kulit yang umum terjadi pada kehamilan - seperti jerawat dan hipersensitif - wanita harus menggunakan produk penenang dengan bahan-bahan nabati seperti chamomile dan lavender," kata Dakar.
 
Dia juga menawarkan facial yang membersihkan pori yang disebut Triple Peel, yang melibatkan tiga perawatan pengelupasan terpisah: enzim berbasis labu untuk mengelupas sel-sel mati, peel dengan teh hijau khusus untuk memecah bakteri dan mencerahkan kulit, dan peel berlian , yang merupakan perawatan pelapisan ulang ($555).
 
Solusi:
Pembersih wajah ringan adalah alat yang efektif untuk mengobati jerawat pada wanita yang memiliki kulit sensitif atau masih menyusui. Therapy Systems Balancing Gel Cleanser ($28,50) adalah formula yang secara aman menyeimbangkan minyak alami kulit sambil membersihkan pori-pori.
 
Cari produk yang termasuk belerang, bahan alami yang memiliki kualitas antibakteri dan anti-inflamasi untuk meningkatkan penyembuhan. Sulfur, lidah buaya, dan minyak kayu putih dalam DDF Sulphur Therapeutic Mask ($28) bekerja secara sinergis untuk memurnikan kulit.
 
Setelah ibu selesai menyusui, mereka dapat menggunakan bahan yang lebih kuat seperti asam salisilat dan benzoil peroksida untuk melawan jerawat. Peel rumahan dan salep topikal dapat mengatasi jerawat yang membandel dan bekas luka yang tersisa.
 
Jalur perawatan kulit baru Crabtree & Evelyn mencakup Gel Perawatan Bercela Kontrol Blemish ($22) yang tidak hanya menyembuhkan jerawat tetapi juga mencegah jerawat baru muncul. Ini paket dengan kandungan asam salisilat 2 persen dan juga mengandung teh hijau yang menenangkan, echinacea, dan willowherb untuk menenangkan kulit secara alami.
 
Untuk mempercepat penyembuhan flare-up jerawat dan menghapus bekas luka, cobalah peel rumah seperti L'OrZal Acne Response Intensive Adult Acne Peel kit ($25). Peel tiga langkah ini menggunakan asam salisilat untuk menembus pori-pori yang tersumbat dan untuk mengekstraksi kotoran.
 
5. Mata Gelap dan Bengkak
 
Keletihan dan sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan lingkaran hitam dan kantung di bawah mata.
 
Solusi:
Menggunakan krim mata atau serum dengan bahan-bahan bergizi seperti peptida dan lidah buaya akan membantu melembabkan area mata dan mengurangi pembengkakan. Banyak dokter kulit merekomendasikan Kinerase Under Eye Rescue ($75), yang mengandung kinetin, aloe vera, dan eyeeryl tetrapeptide untuk mengurangi bengkak dan munculnya garis-garis halus.
 
Jika lingkaran hitam di bawah mata adalah masalahnya, cobalah krim cerah. Dove Energy Glow Brightening Eye Cream dengan SPF 8 ($11) adalah pelembab kaya vitamin yang bekerja untuk memperbaharui kulit permukaan kusam. Hasil mungkin tidak langsung setelah menerapkan krim mata, jadi ikuti dengan concealer yang dirancang khusus untuk area masalah ini.
 
Clinique All About Eyes Concealer ($15,50) adalah krim emolien ringan yang memiliki sifat pengoreksi warna untuk melawan kegelapan, bersama dengan kompleks peptida khusus yang mengurangi penampilan bengkak dan teriritasi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif