Tuliskan daftar semua hal yang Anda khawatirkan atau harus Anda lakukan jika banyak yang menggelayuti pikiran Anda. (Foto: Pexels.com)
Tuliskan daftar semua hal yang Anda khawatirkan atau harus Anda lakukan jika banyak yang menggelayuti pikiran Anda. (Foto: Pexels.com)

Cara Mengendalikan Kebiasaan Overthinking

Rona psikologi efek overthinking
Kumara Anggita • 25 November 2019 11:08
Jakarta: Overthinking atau terlalu banyak berpikir adalah kebiasaan yang tidak baik untuk dipertahankan. Ini dapat membuat Anda lelah tanpa menghasilkan aksi.
 
"Ada saat-saat ketika kekhawatiran tentang masalah jauh lebih buruk daripada masalah itu sendiri,” ujar direktur Pusat Stres dan Kesehatan di Stanford Health Care, David Spiegel yang dilansir dari Huffpost
 
Karena itu, baiknya dari sekarang Anda mengendalikan pikiran Anda. Langkah pertama adalah memerhatikan bahwa Anda terlalu banyak berpikir dan menyadari apa yang sedang terjadi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Yale Stress Center, Rajita Sinha menyebutkan bahwa untuk mengetahui Anda overthinking adalah ketika Anda memiliki lebih dari tiga skenario potensial, atau "bagaimana jika”.
 
Selanjutnya adalah dengan menemukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda dan fokus ke tubuh/fisik. Hal ini dilakukan untuk membebaskan sistem kognitif Anda. Cobalah kegiatan seperti jogging atau yoga.
 
Price mempraktikkan pernapasan diafragma, atau pernapasan dalam perut, dengan pasiennya. Ini membantu menurunkan detak jantung Anda, memperlambat pernapasan Anda dan berhubungan dengan tubuh Anda yang pada gilirannya mampu membersihkan kepala Anda.
 
Cara Mengendalikan Kebiasaan <i>Overthinking</i>
(Tulis pikiran-pikiran Anda supaya Anda bisa melihat solusinya satu per satu. Foto: Pexels.com)

Tulis kekhawatiran Anda

Dia juga merekomendasikan penggunaan log kekhawatiran: 20 menit sebelum tidur, tuliskan daftar semua hal yang Anda khawatirkan atau harus Anda lakukan.
 
"Proses menuliskannya bukan mengetik tetapi benar-benar menulis dengan tangan. Kegiatan ini memiliki efek pemrosesan pada otak Anda sehingga membantu mengeluarkannya Anda dari siklus putaran itu," kata Price.
 
Anda juga bisa berbicara dengan seorang terapis, teman atau orang yang dicintai. Ini dapat memberi Anda perspektif baru dan menyadari bahwa sesuatu yang tampak mengerikan atau kompleks sebenarnya tidak terlalu rumit.
 
Terakhir, menurut Spiegel meditasi juga dapat membantu Anda mengatur ulang dan menyatakan pikiran Anda meskipun ini mungkin akan membutuhkan sedikit latihan dan kesabaran. "Jangan melawan masalah. Biarkan mengalir melalui Anda seperti menonton badai berlalu," katanya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif