Melansir dari Huffingtonpost, pakar diet Robbie Clark dan pakar nutrisi olahraga Daine McDonald menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa menurunkan berat badan sulit bagi Anda. (Foto: Pexels.com)
Melansir dari Huffingtonpost, pakar diet Robbie Clark dan pakar nutrisi olahraga Daine McDonald menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa menurunkan berat badan sulit bagi Anda. (Foto: Pexels.com)

Alasan Menurunkan Berat Badan Lebih Sulit daripada Menaikkan

Rona diet
Kumara Anggita • 22 April 2019 08:00
Melansir dari Huffingtonpost, pakar diet Robbie Clark dan pakar nutrisi olahraga Daine McDonald menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa menurunkan berat badan sulit bagi Anda. Salah satuya gaya hidup. Perhatikan gaya hidup Anda apakah sudah baik atau belum. Memiliki gaya hidup yang baik akan membantu proses penurunan berat badan. 
 

 
Jakarta:
Menurunkan berat badan satu kilogram saja membutuhkan usaha yang banyak dalam seminggu. Satu makan malam berlebihan kemudian langsung menambah berat di dalam tubuh Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir dari Huffingtonpost, pakar diet Robbie Clark dan pakar nutrisi olahraga Daine McDonald menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa menurunkan berat badan sulit bagi Anda. Antara lain yaitu:

1. Pilihan gaya hidup

Banyak faktor yang berperan dalam menurunkan berat badan. Salah satuya gaya hidup. Perhatikan gaya hidup Anda apakah sudah baik atau belum. Memiliki gaya hidup yang baik akan membantu proses penurunan berat badan. 
 
"Saya pikir penting untuk dicatat bahwa biologi penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan adalah proses yang kompleks," jelas Clark.
 
"Ada begitu banyak faktor yang berkontribusi terhadap kelebihan berat badan dan obesitas seperti diet, aktivitas, genetika, merokok, motivasi, konsumsi alkohol, stres, tidur yang buruk, pekerjaan, lingkungan dan ketidakseimbangan hormon,” lanjutnya.
 
(Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan setelah Usia 40 Tahun)
 
Alasan Menurunkan Berat Badan Lebih Sulit daripada Menaikkan
(Perhatikan gaya hidup Anda apakah sudah baik atau belum. Memiliki gaya hidup yang baik akan membantu proses penurunan berat badan. Foto: Pexels.com)

2. Masalah kesehatan yang mendasarinya

Ada beberapa penyakit yang memengaruhi berat badan Anda. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk memeriksa ke dokter. Jika Ada penyakit ditemukan, setidaknya Anda tahu cara apa yang paling tepat dilakukan untuk menjaga berat badan Anda.
 
"Jika Anda berjuang untuk menurunkan berat badan, penting untuk mengesampingkan penyebab mendasar pertama dan terpenting," kata Clark. 
 
"Mungkin ada alasan medis untuk perjuangan Anda seperti kondisi kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular atau diabetes tipe dua, atau ketidakseimbangan hormon seperti tiroid, hormon seks, insulin atau kortisol Anda,” lanjutnya.

3. Tekanan

Stres sangat memengaruhi berat badan Anda. Misalnya, saat stres Anda cenderung jadi makan lebih banyak dan tidak sehat. Tak hanya itu, stres juga memengaruhi hormon sehingga membuat lemak tertentu jadi menumpuk.
 
"Di dunia sekarang ini saya percaya faktor terbesar yang memengaruhi kenaikan berat badan adalah stres, baik secara fisiologis dan psikologis," kata McDonald.
 
"Ketika hormon stres Anda seperti kortisol meningkat dalam tubuh Anda untuk jangka waktu yang lama itu membatasi kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak tubuh, jadi ketika Anda faktor stres kerja, stres keluarga, stres pelatihan, stres keuangan dan sebagainya, orang-orang berakhir berada dalam keadaan terlalu stres dan kelelahan."
 
"Ini seiring waktu, dapat menyebabkan penumpukan lemak visceral dalam jumlah besar, yang mungkin sulit untuk diguncang,” lanjutnya

4. Diet dan penuaan

Walaupun diet adalah cara paling umum untuk menurunkan berat badan. Ternyata, ada beberapa efek negatif yang ditimbulkannya.
 
Faktor-faktor lain yang berkontribusi pada kesulitan menurunkan berat badan termasuk diet teratur, makan tanpa mempertimbangkan kandungannya terlebih dahulu, gaya hidup tak aktif dan metabolisme yang melambat seiring bertambahnya usia," kata Clark.
 
Faktor tersebut memengaruhi hormon Anda yang bisa berkaitan erat dengan proses penurunan berat badan. 
 
"Misalnya, bersepeda beban atau diet dapat mengubah fisiologi Anda. Alasannya adalah bahwa melalui diet konstan hormon lapar (ghrelin) Anda meningkat dan hormon kepenuhan (leptin) Anda berkurang. Akibatnya, Anda akan merasa lebih lapar dan lapar,” lanjutnya.
 
Menurunkan Berat Badan memang lebih sulit daripada menaikkan, namun jangan patah semangat selama Anda melakukannya dengan konsisten dan benar, berat badan Anda pasti akan turun.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif