(Foto: Fit India)
(Foto: Fit India)

10 Manfaat Ragi Bagi Kesehatan

Rona tips kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 29 November 2016 19:05
medcom.id, Jakarta: Kini, banyak orang mulai memerhatikan asupan makan mereka. Salah satu makanan yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh namun belum terlalu dilirik adalah ragi.
 
Namun, jangan salah. Ragi yang satu ini bukanlah ragi yang digunakan untuk memfermentasi makanan, melainkan sereal bernutrisi yang kaya akan protein, kasium, dan zat besi. Lemak jenuh yang lebih sedikit pada ragi dapat membantu menurunkan berat badan.
 
Berikut adalah beberapa manfaat lain dari ragi yang dapat Anda rasakan bila mengkonsumsi makanan ini secara teratur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Mengontrol diabetes
 
Ragi kaya akan serat dan polifenol yang membantu memperlambat proses pencernaan dan menurunkan kadar gula darah. Jadi, selain membantu penurunan berat badan, sumber makanan ini juga dapat mengontrol diabetes.
 
2. Melawan rasa cemas dan depresi
 
Ragi adalah sumber protein dan asam amino yangmembantu memaksimalkan fungsi otot secara keseluruhan dan mengatur metabolisme tubuh, terutama dalam melawan depresi dan rasa cemas. Selain itu, ragi juga membantu mempromoiskna hormon pertumbuhan.
 
3. Mengoptimalkan kinerja pencernaan
 
Ragi membantu pergerakan partikel pada makanan melewati usus karena kandungannya memiliki fiber tak larut dan melindungi sistem pencernaan dalam melawan masalah pencernaan.
 
4. Mengobati anemia
 
Ragi membantu meningkatkan formasi darah pada penderita anemia atau mereka yang memiliki kadar hemoglobin rendah dalam tubuh.
 
5. Merileksasi tubuh
 
Triptofan dalam ragi bertindak sebagai antioksidan yang membuat memerangi kerusakan dalam tubuh akibat radikal bebas. Selanjutnya, asam amino dan antioksidan dalam tubuh dapat memberikan efek santai atau rileks untuk menyembuhkan migrain atau penyakit lainnya.
 
6. Meningkatkan kekuatan tulang
 
Ragi mengandung banyak vitamin D dan kalsium yang merupakan nutrisi penting dalam peningkatan kekuatan tulang dan mencegah keropos tulang.
 
7. Menurunkan kolesterol
 
Konsumsi ragi dapat menurunkan plak dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terkena stroke dan penyakit yangberhubungan dengan jantung pun  menurun.
 
8. Melindungi penuaan
 
Ragi juga memberi manfaat pada kesehatan kulit. Asam amino, yaitu metionon dan lisin, yang ada pada ragi membantu menciptakan kolagen yang membuat kulit menjadi awet muda.
 
9. Meningkatkan laktasi
 
Nutrisi dalam ragi membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.
 
10. Melawan bakteri
 
Ragi membantu melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh akibat beberapa hal seperti keracunan makanan, demam, atau infeksi yang berhubungan kulit.
 
 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif