Selain bikin ketagihan, ternyata permainan lompat tali banyak manfaatnya buat kesehatan. (Foto: Verywell.com)
Selain bikin ketagihan, ternyata permainan lompat tali banyak manfaatnya buat kesehatan. (Foto: Verywell.com)

Manfaat Permainan Klasik Lompat Tali

Rona permainan tradisional
Dhaifurrakhman Abas • 16 Juli 2019 11:25
Ada sejumlah manfaat di permainan lompat tali. Bahkan atlet-atlet kelas dunia memasukan lompat tali ke dalam menu latihan rutin sebelum pertandingan.
 

Jakarta: Siapa yang tak kenal permainan lompat tali? Salah satu permainan yang paling asyik dimainkan ketika masih kecil.
 
Selain bikin ketagihan, ternyata permainan lompat tali banyak manfaatnya buat kesehatan. Lompat tali merupakan bentuk latihan kardio yang sangat baik. Banyak atlet-atlet kelas dunia memasukan lompat tali ke dalam menu latihan rutin sebelum pertandingan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Times of India, lompat tali bagus untuk mengencangkan betis Anda, mengencangkan perut, serta meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu, lompat tali juga bisa meningkatkan stamina.
 
Bagi yang ingin menghilangkan lemak di tubuh, barangkali bisa melakukan latihan ini. Sebabnya, lompat tali merupakan kegiatan yang cukup efektif membakar kalori dalam waktu singkat. Lompat tali bisa membakar lebih dari 10 kalori per menit.
 
Tetapi Anda tidak bisa begitu saja mulai melakukannya secara acak dengan asumsi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Anda harus mengikuti beberapa pedoman berikut ini agar mendapatkan manfaat yang maksimal.
 
1. Ketahui kondisi tubuh
 
Jumlah kalori yang terbakar dari kegiatan lompat tali tergantung pada berapa berat saat memulainya. Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, barang tentu Anda membutuhkan lebih banyak energi ketika melakukan lompat tali.
 
Sebab semakin besar masa tubuh Anda, semakin besar pula energi yang Anda keluarkan melawan gravitasi untuk menggerakkan tubuh Anda. Dengan begitu, Anda akan membakar lebih banyak kalori saat berolahraga.
 
2. Ketekunan
 
Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat apabila tekun menjajal kegiatan tersebut. Sebagai contoh, seorang perempuan dengan berat 70 kilogram yang lompat tali selama 20 menit setiap hari akan kehilangan 200 kalori ekstra per hari. Ini berarti total penurunan berat badan dalam seminggu akan menjadi satu kilogram.
 
3. Pola makan
 
Berat badan Anda mungkin akan berkurang satu kilogram dalam satu minggu ketika. Aplagi jika melakukan lompat tali 20 menit sehari. Tetapi hal ini juga tergantung bagaimana pola makan Anda. Untuk itu, Anda perlu memiliki diet yang sehat dan seimbang untuk mengurangi lemak yang tidak diinginkan dari tubuh.
 
4. Meningkatkan kesehatan jantung
 
Selain membantu menurunan berat badan, lompat tali dapat meningkatkan kesehatan jantung. Mengikuti latihan ini setiap hari akan membuat jantung Anda lebih kuat dan akan mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Selain itu berlatih lompat tali secara konsisten nisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif